Bugar

Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Tanpa Efek Samping

Obat Herbal untuk Mengatasi Asam Urat, Tanpa Efek Samping

MOMSMONEY.ID - Obat herbal untuk mengatasi asam urat lebih sering dipilih banyak orang karena bisa membantu mengatasi penyakit asam urat tanpa efek samping.

Meski begitu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut, ada dafatar obat herbal alami ini dipercaya bisa membantu meredakan gejala asam urat.

Dilansir dari Very Well Health dan Web MD, berikut beberapa obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang bisa Anda coba, antara lain: 

Baca Juga: Sederet Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Jahe

Obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang pertama adalah jahe. Jahe merupakan rempah-rempah yang sering diresepkan untuk kondisi peradangan.

Manfaatnya untuk membantu mengatasi penyakit asam urat juga sudah tercatat. Sebuah studi menemukan, jahe topikal bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat.

Sementara studi lain menunjukkan, tanaman ini bisa mengurangi kadar asam urat. Namun, studi tersebut dilakukan pada tikus dan jahe diberikan secara oral.

Cuka apel 

Obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang kedua adalah cuka apel. Cuka apel dinilai dapat mengatasi peradangan akibat asam urat. Bahan alami ini bahkan dianggap mampu mencegah penumpukan asam urat pada sendi. 

Kunyit

Obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang selanutnya adalah kunyit. Kunyit juga disebut sebagai obat asam urat alami berkat kandungan kurkumin di dalamnya.

Senyawa tersebut diketahui memiliki sifat antiradang, sehingga dapat bantu mengurangi nyeri yang biasanya terjadi saat asam urat kambuh.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif untuk Menurunkan Asam Urat

Daun salam

Obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang keempat adalah saun salam. Rebusan daun salam diklaim mampu meredakan asam urat, meski tidak terlalu signifikan. 

Penelitian yang dilakukan kepada tikus menunjukan, ekstrak etanol dari daun salam dapat menurunkan kadar asam urat. 

Seledri atau biji seledri

Obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang terakhir adalah seledri atau biji seledri. Seledri merupakan sayuran yang sering digunakan untuk mengatasi masalah buang air kecil.

Untuk mengatasi penyakit asam urat, ekstrak dan biji sayuran tersebut sudah menjadi obat asam urat alami yang populer. Diperkirakan seledri bisa mengurangi peradangan. 

Masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa obat asam urat alami di atas memang efektif untuk mengatasi penyakit asam urat.

Itulah beberapa obat herbal asam urat untuk mengatasi asam urat yang bisa Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News