Keluarga

5 Minuman Alami yang Efektif Redakan Nyeri Tenggorokan dan Flu Saat Cuaca Buruk

5 Minuman Alami yang Efektif Redakan Nyeri Tenggorokan dan Flu Saat Cuaca Buruk

MOMSMONEY.ID - Cuaca ekstrem akhir-akhir ini membuat tubuh jadi lebih mudah sakit. Akibatnya, banyak orang yang dilanda flu dan sakit tenggorokan. Untuk meredakannya, ada beberapa minuman alami yang dapat melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa mampet di hidung.

Apa saja minuman tersebut? Intip artikel berikut ini yang dilansir dari Thera Flu dan Insider!

Teh jahe

Teh jahe secara efektif dapat meredakan nyeri tenggorokan dan flu jika dikonsumsi secara rutin.

Data pada sebuah studi tahun 2013 yang dilansir dari Insider menunjukkan bahwa ekstrak teh jahe panas dapat membantu Anda mengurangi gejala flu yang biasa diderita anak-anak dan orang dewasa.

“Minum teh jahe dapat bermanfaat jika Anda sedang tidak enak badan,” ucap Amy Gorin, seorang praktisi diet bersertifikasi di New York.

Baca Juga: Hangatkan Tubuhmu dengan 7 Jenis Minuman Wedang yang Ada di Nusantara

Air garam

berkumur air garam

Air garam mampu meredakan nyeri tenggorokan bukanlah sekadar mitos belaka. Faktanya, berkumur air garam sangat bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan sekaligus membunuh bakteri dan melonggarkan saluran hidung dari lendir yang menutupi pernapasan.

Cobalah untuk mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan mulai berkumur secara rutin di pagi dan sore hari.

Baca Juga: Ingin Kurus? Coba Konsumsi 5 Minuman Alami Ini agar Berat Badan Cepat Turun

Madu dan lemon

Jika Anda bingung mau minum apa untuk bisa redakan rasa sakit di tenggorokan dan flu, Anda bisa mencoba minum campuran madu dan air lemon hangat.

Minuman klasik ini memiliki efek antibakteri dan dapat mengurangi peradangan serta mengandung vitamin C yang berguna untuk kekebalan tubuh.

Jika Anda secara rutin minum madu dan lemon setiap hari, maka lendir yang menutupi saluran pernapasanmu akan dipecah sehingga hidung dan tenggorokan akan terasa lega.

Namun jangan pernah memberikan madu kepada anak yang berusia kurang dari 12 bulan, ya Moms!

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Teh peppermint

Teh peppermint bisa jadi opsi minuman hangat yang bisa Anda coba saat sedang nyeri tenggorokan ataupun flu. Ini karena teh peppermint mengandung spearmint yang memiliki efek sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan menenangkan sakit pada tenggorokan.

Smoothie

Smoothie buah dan sayur

Siapa bilang sakit tenggorokan dan flu hanya bisa diredakan oleh minuman hangat saja? Tenyata mengonsumsi smoothie pun bisa, loh!

Karena sedang sakit, nutrisi yang didapatkan tubuh jadi menurun. Itulah mengapa smoothie yang kaya nutrisi bagus dikonsumsi karena mengandung buah dan sayur yang memiliki antioksidan tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Beberapa buah dan sayur tinggi antioksidan yang cocok dijadikan smoothie di antaranya ada kubis, kale, blueberry, stroberi, mangga, hingga bayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News