HOME, Bugar

5 Manfaat Mengonsumsi Selada Romaine, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5 Manfaat Mengonsumsi Selada Romaine, Salah Satunya Meningkatkan Kekebalan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Selada Romaine adalah jenis selada yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Tingginya vitamin, serat, dan mineral yang terkandung di dalamnya, ditambah kalorinya yang rendah membuat Selada Romaine dapat dijadikan makanan diet.

Selada Romaine atau Lactuca sativa L. var. longivolia termasuk golongan selada asli dari wilayah Mediterania dan Afrika Utara.

Dalam 100 gram Salad Romaine yang dilansir dari Primarasa, berikut kandungan gizi di dalamnya:

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Makanan Pemicu Penyakit Jantung, Perlu Diwaspadai

  • 17 kkal kalori
  • 0,3 gram total lemak
  • 0 mg kolesterol
  • 8 mg natrium
  • 247 mg kalium
  • 3,3 karbohidrat
  • 2,1 gram serat pangan
  • 1,2 gram protein
  • 1,2 gram gula

Baca Juga: Lobak Putih Bisa Atasi Tekanan Darah Tinggi, Cek Faktanya

Selain itu, Healthline mengatakan bahwa Selada Romaine juga mengandung vitamin C, vitamin K, dan folat. Ketiganya merupakan sumber betakaroten baik yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A.

Berikut beberapa manfaat yang akan tubuh Anda dapatkan setelah rutin mengonsumsi Selada Romaine yang dirangkum dari Eat This, Healthline, dan Organic Facts selengkapnya!

Menjaga kekebalan tubuh

Selada Romaine dapat menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C nya yang cukup tinggi.

Dalam 1 cangkir berisi Selada Romaine, terdapat kandungan vitamin C sebesar 11,3 mg atau setara dengan 19% kebutuhan harian nutrisimu tercukupi.

Kandungan vitamin C dalam Salad Romaine bekerja sebagai meningkat efektivitas sel kekebalan tubuh saat bekerja membunuh mikroba dan patogen jahat.

Kylie Ivanir, seorang ahli gizi yang dilansir dari Eat This mengatakan vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka, mempercepat pertumbuhna jaringan tubuh, pembentukan kolagen, dan penyerapan zat besi.

Baca Juga: Simak Kiat Menjaga Imun Tubuh Selama Pandemi, Sudah Anda Lakukan?

Mengandung antioksidan yang tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi pada Selada Romaine berasal dari folat, vitamin A, dan vitamin K. Ketiganya sangat berguna sebagai sumber antioksidan yang sangat tinggi.

Antioksidan ini dapat menyehatkan mata, kulit, membantu menjaga kekebalan tubuh bersama dengan peran dari vitamin C, dan dapat mencegah radikal bebas pada tubuh.

Jadi, jangan ragu konsumsi Selada Romaine pada menu makanan sehari-harimu, ya!

Menurunkan risiko berbagai penyakit

Selada Romaine dapat menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan kanker tertentu.

Ini disebabkan karena Selada Romaine adalah sumber senyawa fenolik yang baik, terutama asam caffeic dan asam klorogenat. Kandungan antioksigen di atas telah diteliti dapat berkaitan dengan penurunan 3 risiko penyakit di atas.

Baca Juga: Latihan Mencium Menggunakan Daun Mint untuk Kembalikan Indra Penciuman bagi Anosmia

Mencegah pengeroposan tulang

Selada Romaine mengandung beberapa nutrisi yang berguna untuk mencegah pengeroposan tulang, beberapa di antaranya seperti:

  • Tembaga
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Mangan

Kelima kandungan dalam Selada Romaine di atas berguna meningkatkan kepadatan mineral tulang serta mengoptimalkan pertumbuhan tulang bersama dengan vitamin K.

Baca Juga: Promo KFC Agustus 2021, Diskon 50% Winger Bucket Isi 14 Ayam di bawah Rp 50.000-an!

Anda bisa rutin mengonsumsi Selada Romaine sedari muda agar tidak kekurangan beberapa kandungan gizi di atas. Ini dapat dilakukan agar seiring bertambahnya usia, Anda bisa meminimalisir risiko pengeroposan tulang.

Dapat menghidrasi tubuh

Fakta baik dalam Selada Romaine selanjutnya adalah Selada Romaine ini mengandung hampir 95% air. menurut Dieter dari Eat This, memakan porsi 2 cangkir Selada Romaine setara dengan minum setengah gelas air.

Selanjutnya: Promo Pizza Hut Agustus 2021, Pizza Merah Putih Spesial Agustus Cuma Rp 109 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News