Keluarga

5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, dari Mengatasi Kulit Kusam hingga Ketombe

5 Manfaat Jahe untuk Kecantikan, dari Mengatasi Kulit Kusam hingga Ketombe

MOMSMONEY.ID - Jangan lewatkan, berikut 5 manfaat jahe untuk kecantikan serta cara menggunakan jahe untuk kulit dan rambut.

Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang populer dan sering dijadikan sebagai campuran dalam berbagai masakan maupun minuman.

Menawarkan sensasi hangat, jahe juga biasa digunakan dalam pengobatan rumahan untuk mengatasi pilek, batuk, sakit tenggorokan, hingga sakit perut.

Tak sampai di situ, sayuran akar pedas ini juga menyimpan manfaat yang menakjubkan untuk menunjang kecantikan terutama kecantikan kulit dan rambut.

Bersumber laman Vogue, inilah 5 manfaat jahe untuk kecantikan serta cara menggunakan jahe untuk kulit dan rambut:

Baca Juga: 5 Langkah Skin Preparation Sebelum Makeup untuk Hasil Makeup Halus dan Tahan Lama

1. Mencerahkan bekas luka

Jahe sangat ideal untuk membantu mencerahkan bekas luka. Ini karena jahe mengandung gingerol yang tidak hanya mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit, tetapi juga bisa meratakan warna kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa mencampurkan jahe yang sudah dihaluskan dengan jus lemon. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat penting untuk produksi kolagen.

Saat produksi kolagen meningkat, itu akan membantu menyembuhkan bekas luka, mengencangkan kulit, dan mengurangi efek kerusakan akibat sinar matahari.

Cara menggunakan jahe untuk mencerahkan bekas luka: Oleskan campuran jahe dan jus lemon hanya pada area bekas luka atau bintik hitam. Hindari mengoleskan campuran ini ke seluruh wajah karena jus lemon bisa terlalu abrasif bagi kulit.  Setelah dioleskan, biarkan campuran jahe dan jus lemon mengering sebelum dibilas.

Baca Juga: Simak 4 Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar

2. Mengatasi kulit kusam

Jahe mampu meningkatkan elastisitas kulit serta meratakan warna kulit yang pada gilirannya dapat sekaligus membantu memperbaiki tekstur kulit.

Ketika jahe dikombinasikan dengan yogurt, akan tercipta masker eksfoliasi alami yang bagus untuk mengatasi kulit kusam.

Yogurt sendiri mengandung asam laktat yang merupakan faktor eksfoliasi alami untuk mengelupas sel kulit mati secara lembut dan mempercepat laju pergantian sel.

Cara menggunakan jahe untuk mengatasi kulit kusam: Campurkan jus jahe murni dengan yogurt secukupnya hingga menjadi pasta. Oleskan pasta yang sudah jadi ke kulit wajah lalu biarkan selama 15 menit sebelum dibilas.

3. Melawan jerawat

Jahe memiliki sifat antibakteri yang kuat dan bisa secara aktif membunuh bakteri di permukaan kulit.

Jahe yang dikombinasikan dengan madu terbukti ampuh untuk melawan jerawat. Pasalnya, madu sama-sama memiliki sifat antibakteri. Sehingga, perpaduan kedua bahan ini akan menciptakan pukulan ganda untuk mengusir jerawat.

Cara menggunakan jahe untuk melawan jerawat: Cukup campurkan jus jahe murni dengan madu kemudian oleskan ke area kulit yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

Baca Juga: 6 Tips Mengaplikasikan Concealer dengan Tepat Agar Hasilnya Tidak Menggumpal

4. Mengatasi rambut rontok dan kulit kepala kering

Jahe mengandung vitamin, mineral, dan asam lemak yang dapat membantu memperkuat rambut serta meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Jika Anda sedang bermasalah dengan rambut rontok dan kulit kepala kering, coba kombinasikan jahe dengan lidah buaya.

Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati di kulit kepala dan berfungsi sebagai kondisioner yang baik untuk rambut.

Cara menggunakan jahe untuk mengatasi rambut rontok dan kulit kepala kering: Haluskan jahe dan lidah buaya segar menggunakan blender. Setelah halus, oleskan campuran jahe dan lidah buaya ke akar hingga ujung rambut sampai merata. Diamkan selama 1 jam sebelum Anda membilasnya.

5. Mengatasi ketombe

Sifat antiseptik yang dimiliki jahe menjadikannya sebagai bahan yang bagus untuk mengatasi ketombe.

Untuk mengatasi ketombe menggunakan jahe, cukup campurkan jahe dengan baking soda dan minyak kelapa.

Baking soda mampu membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati pada kulit kepala. Sementara minyak kelapa akan memastikan rambut tetap lembab.

Cara menggunakan jahe untuk mengatasi ketombe: Campurkan jahe parut, baking soda, dan minyak kelapa sampai menjadi lulur. Pijatkan lulur ke kulit kepala, diamkan selama 15-30 menit, dan bilas.

Itulah 5 manfaat jahe untuk kecantikan serta cara menggunakan jahe untuk kulit dan rambut. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News