Bugar

Simak 4 Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar

Simak 4 Cara Melakukan Eksfoliasi Kulit Wajah dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Pentingnya mengetahui cara melakukan eksfoliasi kulit wajah dengan benar. Eksfoliasi adalah tahapan pengangkatan sel kulit mati dari lapisan teratas kulit yang penting dilakukan secara berkala. Proses eksfoliasi tidak akan membuat kulit jadi iritasi jika dilakukan dengan benar.

Jenis eksfoliasi pun memiliki banyak pilihan, seperti physical exfoliator dan chemical exfoliator. Sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Agar tidak mengalami kesalahan, berikut empat cara melakukan eksfoliasi wajah dengan benar dilansir dari senka.id

1. Pahami Kondisi Kulit

Pertama, Anda harus memahami kondisi kulit wajah sebelum melakukan eksfoliasi. Jika kulit wajah lagi ada jerawat meradang dan luka, sebaiknya hentikan eksfoliasi terlebih dahulu dan tunggu hingga kondisi kulit membaik. 

Kalau dipaksakan, nanti skin barrier kulit jadi rusak dan potensi breakout malah membesar. Oleh karena itu, Anda harus menunggu kondisi wajah sedang tidak berjerawat dan luka. 

2. Pilih Produk Eksfoliasi Sesuai Tipe Kulit

Cara melakukan eksfoliasi kulit wajah selanjutnya adalah memilih produk eksfoliasi sesuai tipe kulit. Hal ini karena ada banyak jenis eksfoliasi yang beredar di pasaran. Mulai dari scrub, toner dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA), hingga krim yang ada retinol di dalamnya.

  • Pada tipe kulit kering, sensitif dan berjerawat : jenis produk yang digunakan spons dengan permukaan halus.
  • Pada tipe kulit normal : Toner AHA, sikat atau spons dengan permukaan halus.
  • Pada tipe kulit berminyak dan kombinasi : Toner BHA, scrub, produk dengan Salicylic Acid. 

Baca Juga: Pahami 5 Cara Membedakan Produk Skincare Asli dan Palsu

3. Hindari Eksfoliasi Terlalu Sering

Berikutnya, hindari eksfoliasi wajah terlalu sering. Saatnya Anda buat jadwal rutin eksfoliasi agar kulit tidak over exfoliating. Normalnya, jadwal eksfoliasi ini ditentukan dari kondisi kulit.

Untuk kulit sensitif, kering dan kusam, disarankan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali seminggu. Sedangkan, bila tipe kulit Anda normal, kombinasi dan breminyak, coba lakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali seminggu pakai produk yang aman digunakan oleh kulit. 

4. Eksfoliasi Wajah dengan Benar

Cara melakukan eksfoliasi kulit wajah terakhir adalah lakukan eksfoliasi wajah dengan benar. Dalam mengeksfoliasi kulit wajah, Anda perlu menyesuaikannya dengan jenis produk.

Bila produk yang digunakan berupa scrub, disarankan untuk mengusap dengan membentuk gerakan melingkar di wajah selama 30 detik dan bilas menggunakan air hangat.

Jika produknya berupa cairan yang dituang di atas kapas, hindari menggosok terlalu kencang supaya kulit tidak lecet dan iritasi.

Sekarang Anda sudah tahu cara melakukan eksfoliasi kulit wajah dengan benar. Saatnya untuk menerapkan cara tersebut ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News