Bugar

5 Manfaat Gliserin untuk Kulit Pada Produk Skincare

5 Manfaat Gliserin untuk Kulit Pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Kenali kandungan dalam skincare yang kerap Anda gunakan. Salah satunya manfaat gliserin untuk kulit yang terdapat pada produk skincare.

Mengutip Healthline, gliserin adalah senyawa humektan alami yang berasal dari minyak nabati atau lemak hewani.  Gliserin sering dijadikan sebagai produk pelembab. Gliserin memiliki bentuk cairan bening yang tidak berwarna dan berbau, juga rasa yang manis.

Berikut manfaat gliserin untuk kulit dilansir dilansir dari jovee.id

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Manfaat gliserin untuk kulit adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. 

Selain itu, gliserol sendiri dapat mengurangi penyerapan bahan iritan masuk ke dalam lapisan kulit.

2. Melindungi kulit dari bahan aktif yang mengiritasi

Kandungan gliserin juga bisa melindungi kulit dari bahan aktif yang mengiritasi. Kebanyakan bahan aktif dapat mengiritasi kulit, terlebih jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif.

Karena gliserin dapat membantu melembabkan, para ahli banyak merekomendasikan bahan ini untuk membantu mengatasi kekeringan akibat efek samping dari bahan aktif.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

3. Membantu mempercepat proses penyembuhan luka

Menurut studi tahun 2017, kandungan gliserin yang dioleskan pada kulit luka dapat membunuh bakteri dan kontaminan lainnya.

Hidrasi kulit yang meningkat akibat kinerja gliserin juga meningkatkan produksi kolagen, yang berperan dalam penyembuhan luka

4. Sebagai pelembab yang efektif

Manfaat gliserin untuk kulit selanjutnya adalah sebagai pelembab yang efektif. Banyak skincare yang memasukkan gliserin ke dalam formula skincare mengingat gliserin merupakan humektan yang efektif.

Berkat cara kerjanya dalam menarik air ke lapisan kulit yang lebih dalam, gliserin cocok digunakan untuk membantu mengatasi gejala kulit kering, dehidrasi, dan pecah-pecah.

5. Melembabkan kulit lebih lama

Manfaat gliserin untuk kulit lainnya adalah melembabkan kulit lebih lama. Gliserin dipercaya untuk mendukung penghalang kulit (skin barrier) dengan menutupi bagian luar. Sehingga, minyak alami serta kandungan air dalam kulit tidak cepat hilang dan kekeringan dapat dihindari.

Itulah lima kandungan gliserin untuk kulit pada produk skincare. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News