Bugar

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita yang Perlu Diwaspadai

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu Anda waspadai karena memiliki kadar kolesterol HDL lebih tinggi akibat hormon estrogen di dalam tubuh.

HDL (high density lipoprotein) atau kolesterol baik bertugas untuk menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati. 

Menurut jurnal Women’s cholesterol levels vary with phase of menstrual cycle, kadar kolesterol wanita bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi.

Banyak wanita mengalami perubahan drastis, di mana kadar kolesterol total dan LDL mengalami kenaikan. Sementara kolesterol HDL malah mengalami penurunan.

Setelah menopause, kadar kolesterol mengalami fluktuasi. Kolesterol juga cenderung meningkat seiring bertambahnya usia wanita.

Selain itu, trigliserida (lemak dalam darah) juga lebih berisiko pada wanita dibandingkan dengan pria.

Hal tersebut membuat wanita memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung dan stroke. Tidak hanya itu, faktor genetik dan gaya hidup juga turut memengaruhi.

Penyebab dan faktor risiko kolesterol tinggi pada wanita

Kolesterol dapat berbahaya bagi tubuh jika kadarnya terlalu tinggi. Seseorang berisiko mengalami kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia apabila memiliki beberapa faktor.

Sebagian faktor tersebut dapat dikendalikan, sedangkan sebagian lainnya tidak. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kolesterol tinggi adalah:

1. Gaya hidup

Gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab paling umum tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat adalah:

  • Merokok
  • Jarang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik
  • Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Mengonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jenuh, seperti gorengan, susu full cream, kulit ayam, dan jeroan
  • Mengalami stres

2. Penyakit

Meningkatnya kadar kolesterol juga dapat terjadi akibat menderita penyakit tertentu. Beberapa penyakitnya adalah:

  • Obesitas atau kelebihan berat badan
  • Diabetes
  • Hipotiroidisme
  • Gagal ginjal kronis
  • HIV/AIDS

3. Keturunan

Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh mutasi sejumlah gen yang diturunkan dari kedua orang tua. Mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang kolesterol dari dalam darah.

Namun, kolesterol tinggi akibat kondisi ini lebih jarang terjadi bila dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya.

Selain beberapa faktor di atas, seseorang yang berusia 40 tahun ke atas juga lebih berisiko menderita kolesterol.

Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, hati menjadi kurang mampu membuang kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Daftar 12 Makanan yang Banyak Mengandung Kolesterol

Melansir dari Johns Hopkins Medicine, berikut adalah gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai, antara lain: 

1. Kesemutan pada kaki dan tangan

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang pertama adalah kesemutan pada kaki dan tangan. Gangguan aliran darah tersebut akan menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki.

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah pada saraf.

2. Bau mulut

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang kedua adalah bau mulut karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa berdampak serius bagi pencernaan.

Walaupun tidak banyak yang mengira bau mulut merupakan indikasi kolesterol tinggi, namun halitosis merupakan gejala yang paling umum terjadi.

Gangguan ini menyebabkan kekeringan dan bau tak sedap di mulut.

3. Mudah merasa lelah

Gejala kolesterol tinggi pada wanita selanjutnya adalah mudah merasa lelah. Hal ini disebabkan oleh munculnya plak di pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke sel dan jaringan tubuh.

4. Sakit pada rahang

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang keempat adalah sakit pada rahang. Sakit pada rahang muncul akibat terhambatnya suplai darah ke jantung atau otak.

Hambatan tersebut terjadi karena munculnya plak pada pembuluh darah jantung atau otak.

5. Tekanan darah tinggi

Gejala berikutnya yang sering dikaitkan dengan tanda-tanda kolesterol tinggi adalah tekanan darah tinggi.

Ketika pembuluh darah dipersempit dengan plak kolesterol dan mengeras karena kalsium, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Karena tekanan darah tinggi memang tidak bisa dirasakan langsung seperti nyeri pada dada, satu-satunya cara mendeteksinya adalah melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin.

Baca Juga: Catat! Ini 15 Obat Herbal Darah Tinggi yang Ampuh

6. Nyeri di bagian dada

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang keenam adalah nyeri di bagian dada. Nyeri ini terjadi akibat kolesterol mengendap pada aterosklerosis atau dinding arteri.

Akibatnya, endapan atau plak tersebut akan mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada.

7. Pusing dan sakit kepala

Selain menghambat aliran darah ke jantung, penumpukan plak juga dapat mengganggu aliran darah ke otak.

Inilah yang menyebabkan pengidap kolesterol tinggi mengalami gejala pusing dan sakit kepala. Selain sirkulasi darah menjadi tidak lancar, oksigenasi sel pun ikut terhambat.

Sakit kepala parah tiba-tiba juga bisa mengindikasikan gejala stroke. Stroke juga disebabkan oleh sirkulasi darah dan oksigen yang terganggu oleh penumpukan kolesterol di arteri.

8. Timbulnya xanthoma

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang lain adalah munculnya xanthoma. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit atau organ dalam tubuh.

9. Otot tubuh melemah

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang kesembilan adalah otot tubuh melemah. Mungkin juga efek kolesterol tinggi tidak sampai ke seluruh tubuh, bisa saja menyerang otot tubuh tertentu.

Sumber masalahnya masih sama, pasokan aliran darah yang tidak merata ke seluruh tubuh. Otot tubuh yang paling umum terserang gejala kolesterol tinggi adalah otot kaki.

Penyumbatan akibat kolesterol LDL yang terlalu tinggi mengakibatkan pembuluh arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, sehingga otot kaki menjadi lemah.

10. Sembelit

Satu lagi gejala sembelit yang bisa Anda rasakan langsung dampaknya, sembelit. Penumpukan kolesterol jahat memang merupakan sumber masalah dari segala penyakit.

Organ pencernaan pun bisa ikut terganggu akibat terlalu banyak kolesterol LDL yang mengendap pada pembuluh darah.

Namun, sembelit tidak selalu mengacu pada kolesterol tinggi, bisa saja karena salah makan.

Maka dari itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol terutama LDL agar tidak terkena penyakit yang lebih banyak lagi.

Meskipun efeknya tidak dapat Anda rasakan langsung, namun dampak jangka panjangnya sangat mengerikan.

Jangan anggap remeh kadar kolesterol yang terlampau tinggi dalam darah. Jangan lupa mengatur pola makan dan pola hidup sesehat dan sedini mungkin!

Itulah beberapa gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu Anda waspadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News