HOME, Santai

5 Manfaat Berpelukan yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Berpelukan yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Berpelukan merupakan aktivitas yang ternyata memiliki banyak manfaat. Tak hanya berpelukan dengan kekasih, berpelukan dengan sahabat maupun anggota keluarga tercinta juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Berpelukan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menenangkan diri atau orang lain. Aktivitas tersebut bisa membuat perasaan tenang dan dan lebih bahagia. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat lainnya dari berpelukan bagi kesehatan. 

Baca Juga: 5 Manfaat Menggunakan Hand Cream, Yakin Tidak Mau Pakai?

Meredakan stres

Stres karena banyaknya tekanan yang dirasakan bisa menumpuk dan membuatnya menjadi semakin buruk. Berpelukan ternyata memiliki manfaat untuk meredakan stres karena berpelukan bisa menjadi sebuah tanda support dan dukungan yang bisa meningkatkan oksitosin dalam tubuh.

Menurunkan risiko sakit jantung 

Melansir dari laman Health Line, menurut studi yang dilakukan oleh peneliti, menyatakan bahwa sentuhan dari berpegangan tangan atau berpelukan bisa membantu menurunkan resiko adanya serangan jantung. 

Hal tersebut disebabkan karena adanya afeksi yang terjadi saat adanya sentuhan dari berpegangan tangan atau berpelukan.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Yogurt dan Rasakan Berbagai Manfaatnya untuk Tubuh

Meningkatkan sistem imun

Berpelukan bisa membantu memicu stimulasi kelenjar thymus. Kelenjar ini memiliki fungsi untuk meregulasi dan menyeimbangkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Yang tentu saja bisa menjaga kesehatan, imun yang baik, dan terhindar dari penyakit.

Meredakan tekanan darah tinggi

Berpelukan dipercaya bisa membantu tubuh untuk melepaskan lebih banyak hormone oksitosin. Dengan meredakan hormone oksitosin dalam tubuh, tentunya tingkat stress dan kecemasan yang menjadi penyebab tingginya tekanan darah menjadi berkurang.

Meningkatkan rasa percaya diri

Berpelukan juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Berpelukan merupakan sebuah cara untuk menunjukkan rasa sayang baik dari keluarga, teman, maupun pasangan. 

Sehingga cara ini dipercaya bisa membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri karena adanya perasaan dicintai dan lebih bahagia secara mental.

Selanjutnya: Promo Hokben 8 November 2021, Senin Homat Paket Makanan dan Minuman Rp 45.000 nett

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News