HOME, Keluarga

5 Manfaat Menggunakan Hand Cream, Yakin Tidak Mau Pakai?

5 Manfaat Menggunakan Hand Cream, Yakin Tidak Mau Pakai?

MOMSMONEY.ID - Selain wajah, tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang penting untuk diperhatikan. Pasalnya, tangan bisa menua dengan cepat akibat sering terpapar elemen eksternal seperti sinar matahari dan radikal bebas. Sering bersentuhan dengan bahan-bahan pembersih rumah tangga seperti detergent juga bisa menyebabkan tangan kehilangan kelembaban dan mudah kering.

Oleh sebab itu, tangan perlu dilindungi sebaik mungkin salah satunya dengan menggunakan hand cream.

Meski masih banyak orang yang belum tertarik untuk menggunakannya, namun siapa sangka bahwa produk yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang sebagus itu untuk merawat kulit.

Baca Juga: Ingin Minum Wine? Ketahui Dulu Cara Menikmati Wine yang Benar Ini, Ya!

1. Memberikan hidrasi

Kulit dan telapak tangan rentan kering dan pecah-pecah terutama ketika cuaca sedang dingin-dinginnya. Selain itu, kebiasaan mencuci tangan berlebihan dan terlalu sering menggunakan hand sanitizer juga bisa menyebabkan kekeringan pada telapak tangan.

Mengingat saluran minyak di telapak tangan dan jari lebih sedikit dibandingkan bagian tubuh lainnya, maka tak heran jika tangan lebih rentan mengering daripada yang lain. Sebagai solusinya, Anda bisa memanfaatkan hand cream untuk mengatasi permasalahan tangan kering. Produk ini akan membantu meminimalkan gesekan, keretakan, serta kerutan dengan memberikan hidrasi sekaligus mengembalikan kelembaban yang dibutuhkan kulit tangan.

2. Mencegah infeksi kulit

Dikarenakan tangan adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan, maka tidak heran jika tangan lebih mudah untuk berdarah, pecah-pecah, atau terluka. Tanpa menggunakan hand cream sebagai lapisan pelindung tangan, kulit tangan akan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak. Akibatnya, kemungkinan Anda mengalami infeksi virus dan bakteri pun cenderung meningkat.

Jadi, usahakan untuk menggunakan hand cream mulai dari sekarang guna meminimalkan serangan penyakit.

3. Memelihara kutikula

Kutikula mampu melindungi kuku dari infeksi. Kendati demikian, bagian kulit ini terus-menerus dibombardir oleh air, kotoran, dan bakteri yang berlebihan setiap harinya.

Jika kutikula kekurangan nutrisi, kutikula tidak akan mampu mencegah infeksi dari luar untuk menembus kuku. Oleh sebab itu, penggunaan hand cream patut untuk Anda pertimbangkan guna memberikan nutrisi yang dibutuhkan kutikula. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan beberapa tetes hand cream pada kutikula kemudian pijat-pijat hingga meresap.

4. Melawan tanda-tanda penuaan

Tangan cenderung menua lebih cepat karena tangan sering terpapar elemen eksternal sama halnya dengan wajah. Bagian belakang tangan khususnya yang memiliki lebih sedikit kelenjar sebaceous akan lebih cepat mengering. Jika diabaikan, bagian ini akan menunjukkan tanda-tanda pigmentasi, kerutan, dan dehidrasi sejak dini.

Sedikit hand cream yang digunakan secara rutin dapat mencegah efek penuaan dengan cara meningkatkan elastisitas kulit sekaligus melembabkannya.

5. Meredakan stres

Ketika lelah melanda, apa yang biasanya Anda lakukan? Mulai sekarang, cobalah untuk memijat-mijat jari Anda menggunakan hand cream sebagai cara terapeutik untuk merelakskan diri sekaligus meredakan stres tatkala lelah melanda.

Meski sederhana, namun meremas-remas telapak dan jari tangan dengan hand cream benar-benar dapat membantu menenangkan saraf. Bahkan, kegiatan ini juga bisa meredakan kecemasan dan meningkatkan perasaan sejahtera secara keseluruhan lho.

Selanjutnya: 4 Cara Menjaga Api Asmara Tetap Membara dalam Hubungan Pernikahan, Romantis Terus!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News