Keluarga

5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit, Begini Cara Menggunakannya

5 Manfaat Air Garam untuk Kecantikan Kulit, Begini Cara Menggunakannya

MOMSMONEY.ID - Sayang untuk dilewatkan, ini 5 manfaat air garam untuk kecantikan kulit yang patut Anda tahu.

Tak hanya bagus untuk kesehatan mulut dan gigi, siapa sangka bahwa air garam juga menyimpan beragam manfaat yang menakjubkan untuk kulit.

Melansir laman Stylecraze, Dr. Nadir Qazi, dokter yang berspesialisasi dalam prosedur kosmetik minimal invasif, membagikan beberapa manfaat air garam untuk kecantikan kulit. Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

1. Meringankan kondisi kulit

Air garam termasuk dari laut mengandung berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, dan potassium.

Berbagai mineral ini memiliki efek penyembuhan pada kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

Namun, pemilik kulit kering harus berhati-hati saat menggunakan air garam. Pasalnya, air garam dapat membuat kulit semakin kering. Solusinya, segera gunakan pelembab setelah menggunakan air garam.

2. Menghilangkan jerawat

Jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Kabar baiknya, air garam dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat tersebut berkat sifat antimikroba yang ada di dalamnya.

Air garam diklaim mampu menyerap bakteri yang ada di kulit dan membuka pori-pori sekaligus mengecilkannya.

Air garam juga bisa membantu mendetoksifikasi kulit, mengurangi jerawat, dan menjaga kesehatan dermis secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Cara Memutihkan Kulit Wajah Pakai Bahan Alami, Tak Perlu Suntik Putih

3. Menyembuhkan noda

Air garam termasuk dari laut mengandung banyak mineral termasuk zat pengering seperti belerang. Mineral ini biasanya digunakan dalam produk anti noda.

Jika Anda memiliki jerawat dan noda, berenang di laut merupakan ide yang bagus. Karena, kombinasi sinar matahari dengan air garam dapat membantu menyembuhkan noda.

Atau, Anda bisa membawa pulang air laut dalam botol dan gunakan untuk membersihkan kulit di rumah.

4. Bertindak sebagai toner wajah

Air garam dapat mengencangkan kulit, menurut Dr. Nadir Qazi. Air garam juga mampu mendorong pergantian sel dan membantu mengelupas sel kulit mati. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari garam laut, garam epsom, dan garam himalaya.

Plus, air garam dapat bertindak sebagai toner wajah yang sangat baik. Dengan menerapkannya pada kulit, itu akan membantu mengecilkan pori-pori, menghilangkan minyak dari pori-pori, serta memberikan kesegaran.

Anda bisa memasukkan air garam ke dalam botol spray lalu semprotkan pada kulit setelah mencuci muka dan sebelum memakai makeup. Langkah ini akan memastikan kulit Anda bebas minyak dan tetap segar sepanjang hari.

5. Mengurangi komedo

Beberapa senyawa dalam garam terutama garam laut, garam epsom, dan garam himalaya terurai menjadi keadaan unsur yang lebih murni ketika dilarutkan dalam air. Senyawa ini termasuk ion magnesium dan sulfat.

Ketika larutan garam terserap ke dalam kulit, itu dapat mengeluarkan racun dan kotoran dari kulit, memecah sebum, hingga mengeluarkan komedo yang lebih kecil.

Untuk mengatasi komedo yang lebih besar, alangkah baiknya Anda mendatangi dokter kulit guna meminimalkan kemungkinan jaringan parut.

Baca Juga: 5 Rangkaian Skincare Skintific untuk Kulit Berjerawat, Pejuang Jerawat Patut Coba!

Itulah 5 manfaat air garam untuk kecantikan kulit. Untuk memasukkan air garam ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ada beberapa tips yang perlu Anda ikuti. Merangkum Medical News Today, berikut tipsnya:

  • Mulailah menggunakan air garam 1-2 kali seminggu untuk melihat bagaimana reaksi kulit. Jika kulit Anda mengering atau mengalami iritasi setelah memakai air garam, hentikan penggunaannya segera.
  • Pilihlah garam laut daripada garam meja.
  • Untuk diaplikasikan pada wajah, pilihlah garam yang memiliki butiran halus.
  • Hindari menggosok wajah saat menggunakan air garam.
  • Hindari menggunakan produk yang bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif saat menggunakan air garam. Produk ini termasuk retinol dan benzoyl peroxide.
  • Segera pakai pelembab setelah menggunakan air garam.

Selanjutnya, berikut MomsMoney bagikan cara membuat air garam untuk digunakan pada kulit:

  1. Rebus 2 gelas air kemudian tambahkan 1 sendok teh garam laut, garam epsom, atau garam himalaya ke dalamnya. Aduk-aduk sampai butiran garam larut.
  2. Biarkan campuran air dan garam mendingin dengan sendirinya.
  3. Setelah dingin, simpan air garam pada suhu kamar dan gunakan seperlunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News