Keluarga

4 Cara Memutihkan Kulit Wajah Pakai Bahan Alami, Tak Perlu Suntik Putih

4 Cara Memutihkan Kulit Wajah Pakai Bahan Alami, Tak Perlu Suntik Putih

MOMSMONEY.ID - Cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami ini menarik untuk Anda coba. Simak sampai akhir, ya, Moms.

Banyak orang mendambakan kulit putih. Kendati demikian, tidak semua orang dianugerahi kulit putih sedari lahir.

Oleh sebabnya, tidak sedikit orang yang berupaya ekstra demi mencerahkan kulit mereka, agar terlihat lebih putih dari aslinya.

Suntik putih tentu bisa dijadikan sebagai pilihan yang praktis. Namun, dibanding harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi perawatan tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk mencoba cara rumahan.

Yakni, menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk suntik putih.

Mengutip dari BeBeautiful, inilah 4 cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami yang bisa Anda praktikkan sekarang juga:

Baca Juga: Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Rice Bran Oil untuk Kecantikan Kulit

1. Jus Lemon + Madu + Susu

Jus lemon

Cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami yang pertama yaitu dengan jus lemon, madu, dan susu.

Jus lemon menjadi salah satu bahan pemutih kulit rumahan terbaik yang dapat Anda jajal. Jus lemon diklaim mampu mencerahkan kulit sekaligus mengurangi bintik-bintik hitam serta kulit berminyak.

Di sisi lain, madu memiliki sifat antibakteri yang akan membantu memudarkan bekas luka dan hiperpigmentasi sehingga kulit akan tampak sehat serta bercahaya.

Untuk membuat racikan ini, campurkan 1 sdm susu cair, 1 sdt madu, dan 1 sdm jus lemon. Kemudian, oleskan racikan tersebut pada wajah Anda yang telah dibersihkan.

Diamkan racikan jus lemon + madu + susu selama sekitar 20 menit lalu bilas wajah hingga bersih dengan air hangat.

2. Pepaya + Madu

Biji pepaya

Cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami yang kedua yaitu dengan pepaya dan madu.

Pepaya mengandung enzim seperti Alpha Hydroxy Acids dan Papain yang dapat membantu menyingkirkan kotoran, mengangkat sel kulit mati, serta memudarkan bekas jerawat dan noda sehingga akan menjadikan kulit wajah menjadi bercahaya.

Sebagai enzim pemutih kulit, Papain dengan konsentrasi tertinggi terdapat pada bagian kulit pepaya. Dengan menambahkan madu, maka racikan rumahan berbahan pepaya akan menjadi sempurna untuk menciptakan penampilan kulit yang lebih cerah.

Potong-potonglah pepaya hingga sebanyak setengah cangkir lalu tumbuk halus sampai menjadi pasta. Kemudian, tambahkan 1 sdt madu ke dalam pasta pepaya dan aduk merata. Terakhir, oleskan racikan kedua bahan ini ke wajah Anda dan diamkan selama 20 menit.

Setelah 20 menit, cuci wajah Anda dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin untuk melakukan pembilasan kedua. Apabila sudah bersih, tepuk-tepuk kulit wajah Anda menggunakan handuk bersih hingga kering.

Baca Juga: 5 Varian Moisturizer Skintific Sesuai Kebutuhan Kulit yang Patut Anda Coba

3. Tepung Beras + Susu

Masker tepung beras

Cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami yang ketiga yaitu dengan tepung beras dan susu.

Tepung beras merupakan salah satu bahan pemutih kulit alami yang telah digunakan oleh para wanita Asia sejak dahulu kala untuk membuat kulit tampak lebih cerah, lembut, dan sehat.

Selain itu, tepung beras juga memiliki kekuatan untuk melindungi kulit dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan dini akibat sinar Matahari.

Adapun susu berguna untuk memberikan nutrisi dan menenangkan kulit.

Campurkan setengah cangkir tepung beras dengan 3-4 sdm susu cair. Aduk-aduk kedua bahan hingga semuanya tercampur sempurna.

Oleskan racikan ini ke seluruh wajah Anda dan diamkan selama setidaknya 30 menit kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

4. Yogurt + Madu

Yogurt tawar

Cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami yang keempat yaitu dengan yogurt dan madu. Selain nikmat, siapa sangka bahwa olahan susu yang satu ini menjadi salah satu bahan pemutih kulit terbaik yang bisa diandalkan.

Kaya akan asam laktat, yogurt dapat membantu mencerahkan warna kulit, memperbaiki tanda-tanda penuaan, serta menyamarkan bintik hitam pada wajah Anda.

Selain itu, yogurt juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

Campurkan 2 sdt yogurt tawar dengan 1 sdt madu lalu aduk-aduk hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta yogurt + madu ke wajah Anda dan diamkan selama sekitar 15 menit.

Setelah 15 menit, bilas wajah Anda dengan air dingin hingga sisa pasta sudah tidak ada lagi pada wajah Anda.

Demikian 4 cara memutihkan kulit wajah pakai bahan alami. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News