HOME, Bugar

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

5 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

MOMSMONEY.ID - Vertigo adalah sebuah gejala atau sinyal yang diberikan tubuh terkait indikasi penyakit di dalam tubuh.

Kemunculan vertigo dapat disebabkan infeksi, kotoran telinga, atau pelepasan partikel kalsium karbonat, peradangan, gangguan fungsi, respon imun yang lemah, peningkatan tekanan telinga bagian dalam atau kondisi medis lainnya, dikutip dari Helalthline. 

Mengatur pola makan dan menghindari makanan pemicu vertigo merupakan salah satu cara mengontrol gejala vertigo. Mengelola pola makan tidak hanya mengatur keseimbangan cairan di bagian dalam telinga, tapi juga memberikan antioksidan. 

Makanan yang memiliki efek antiinflamasi pada tubuh membantu mengatasi kondisi dasar dari vertigo.Ketika gejalanya kambuh, vertigo dapat memunculkan gejala berupa mual, muntah, nistagmus (pergerakan bola mata yang abnormal), berkeringat, hingga hilangnya pendengaran. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah kambuhnya serangan vertigo adalah menjaga pola makan. Sebab, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita vertigo. Makanan tersebut perlu dihindari karena dapat meningkatkan proses peradangan di dalam tubuh. 

Dirangkum dari laman Vertigo Treatment, berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita.

1. Makanan yang mengandung tyramine

Tyramine adalah asam amino yang memicu migrain dan kondisi lain yang menyebabkan pusing dan vertigo. Beberapa contoh makanan yang mengandung tyramine, yaitu:

  • Anggur merah;
  • Hati ayam;
  • Daging asam;
  • Krim asam;
  • Yogurt;
  • Cokelat;
  • Pisang;
  • Buah sitrus;
  • Keju;
  • Selai kacang.

Baca Juga: Lakukan Hal-Hal Ini Agar Lebih Bahagia

2. Kafein

Kafein yang terkandung dalam aneka makanan dan minuman, seperti kopi, teh, cokelat, minuman energi dan soda dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. Itulah sebabnya, pengidap vertigo sebaiknya menghindari kafein.

3. Makanan asin

Makanan asin atau yang mengandung tinggi garam perlu dikurangi atau dihindari pengidap vertigo. Sebab, kandungan sodium dalam garam dapat memperburuk vertigo. Mengonsumsi makanan asin juga dapat memicu penahanan air berlebih dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan di tubuh.

4. Makanan manis 

Makanan dan minuman manis atau tinggi gula, seperti yang mengandung madu, gula pasir, gula merah seperti kue dan soda, sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan fluktuasi volume cairan di telinga yang meningkatkan gejala vertigo. 

Baca Juga: Obat Alami Hilangkan Pengar atau Hangover Setelah Minum Alkohol

5. Alkohol

Minuman alkohol diketahui memperburuk pusing, keseimbangan tubuh, dan mual jika seseorang rentan terhadap vertigo. Alkohol memiliki efek negatif pada metabolisme berbahaya di telinga bagian dalam dan otak. Minuman ini juga memperburuk vertigo dengan mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam.

Itulah beberapa makanan pantangan pengidap vertigo yang perlu dihindari. Jika kamu sudah menghindari konsumsi makanan-makanan tersebut dan serangan vertigo masih kerap muncul, segera bicarakan dengan dokter. 

Selanjutnya: Ini Gejala Penyakit Vertigo yang Perlu Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News