Keluarga

5 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan Kuku, Kuku Jadi Kuat dan Cantik

5 Makanan Terbaik untuk Menyehatkan Kuku, Kuku Jadi Kuat dan Cantik

MOMSMONEY.ID - Kuku Anda mudah patah? Yuk, konsumsi 5 makanan terbaik untuk menyehatkan kuku berikut ini!

Tubuh harus terus-menerus meregenerasi sel-sel yang membentuk kuku. Dan, dibutuhkan pasokan nutrisi tertentu yang sehat untuk membantu tubuh melakukan proses regenerasi sel.

Jika Anda menginginkan kuku yang senantiasa kuat dan terlihat cantik, ada beberapa makanan yang patut Anda konsumsi karena telah terbukti mengandung nutrisi yang menyehatkan kuku.

Melansir laman Prevention, inilah 5 makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang bisa Anda masukkan ke dalam menu harian Anda mulai sekarang.

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare untuk Mengontrol Minyak Berlebih pada Wajah, Apa Saja?

1. Edamame

Edamame

Makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang pertama adalah edamame. Edamame menyediakan sistein atau golongan asam amino yang diperlukan untuk produksi protein keratin.

Keratin sendiri merupakan salah satu blok bangunan utama kuku, menurut Libby Mills selaku ahli diet yang berbasis di West Chester, Pennsylvania.

Terlebih lagi, edamame merupakan sumber folat yang dibutuhkan untuk produksi sel kuku baru.

2. Telur

Telur Rebus

Makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang kedua adalah telur. Telur merupakan salah satu sumber biotin terbaik.

Disebut juga sebagai vitamin B7, biotin mampu mendorong produksi protein dalam matriks kuku atau jaringan di bawah kuku yang menghasilkan sel-sel kuku. Biotin juga telah terbukti dapat meningkatkan ketebalan kuku sekaligus mencegahnya menjadi rapuh.

Adapun cara terbaik untuk mendapatkan biotin yaitu dari makanan, salah satunya telur.

3. Kacang mete

Kacang mete

Makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang ketiga adalah kacang mete. Dalam kacang mete, banyak terkandung zinc yang dibutuhkan untuk pembelahan sel dan sintesis protein. Kedua proses ini sangat penting untuk pertumbuhan kuku.

Zinc dibutuhkan oleh tubuh setiap hari karena tubuh tidak dapat menyimpannya dalam jangka panjang.

Dengan mencukupi asupan zinc, kuku Anda akan menjadi berkilau dan kuat. Sebaliknya, kekurangan zinc rentan membuat kuku menjadi kering atau lemah.

Baca Juga: 5 Tips Skincare untuk Merawat Kecantikan Kulit Anak, Pastikan Kulitnya Selalu Lembab

4. Ubi jalar

Ubi jalar

Makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang keempat adalah ubi jalar. Ubi jalar kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk membantu sel-sel kuku bereproduksi dengan baik.

Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin A dari makanan Anda, kemungkinan besar kuku Anda akan rapuh dan mengembangkan tonjolan vertikal yang pecah-pecah.

5. Paprika kuning

Paprika kuning

Makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang kelima adalah paprika kuning. Paprika kuning tinggi vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi protein struktural di kuku yakni kolagen.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen cenderung berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kuku menjadi lebih tipis dan lebih lemah.

Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C guna menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Kabar baiknya, paprika kuning menyediakan empat kali lipat jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan.

Itulah 5 makanan terbaik untuk menyehatkan kuku yang bisa Anda konsumsi salah satunya. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News