Keluarga

5 Tips Skincare untuk Merawat Kecantikan Kulit Anak, Pastikan Kulitnya Selalu Lembab

5 Tips Skincare untuk Merawat Kecantikan Kulit Anak, Pastikan Kulitnya Selalu Lembab

MOMSMONEY.ID - Moms harus tahu, ini 5 tips skincare untuk merawat kecantikan kulit anak.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan perawatan kulit. Tak perlu berlebihan, merawat kulit anak dapat dilakukan melalui cara-cara yang sederhana.

Dilansir dari laman Firstcry Parenting, ada 5 tips skincare untuk merawat kecantikan kulit anak yang terbilang sederhana namun efektif. Berikut kelima tips tersebut:

Baca Juga: Bisa Merugikan Anak, Ketahui 8 Ciri-Ciri Toxic Parenting atau Pola Asuh Beracun

1. Bantu anak untuk tidur nyenyak

Membuat anak-anak tidur lebih awal bukanlah tugas yang mudah. Sebagai solusi, pastikan anak Anda mendapatkan banyak aktivitas di siang hari baik secara fisik maupun mental. Dengan begini, anak akan cukup lelah dan cenderung tidur lebih awal.

Selain membantu memulihkan pikiran dan tubuh, tidur juga mampu memproduksi hormon pertumbuhan dan sel-sel baru yang bisa meningkatkan penampilan kulit anak menjadi lebih segar sekaligus bersemangat.

2. Pilih produk dengan formula ringan berbahan herbal

Kulit dan rambut anak cenderung sensitif. Jadi, saat menggunakan sabun dan sampo, pastikan Anda mencari formula yang ringan dan terbuat dari bahan-bahan herbal.

Di sisi lain, hindari terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia. Meskipun produk berbahan kimia mungkin menunjukkan hasil yang terlihat langsung, namun mengaplikasikannya secara berlebihan pada kulit si kecil akan berdampak negatif di masa depan.

3. Pastikan anak mandi secara teratur

Mandi setiap hari akan memastikan semua kotoran dan debu yang menempel di kulit anak sepanjang hari menghilang sekaligus membantu mereka merasa lebih segar.

Mandikanlah si kecil setiap pagi dan sore hari guna menjaga kulitnya tetap bersih dan sehat.

Baca Juga: Anak Remaja Anda Minderan? Ini Kiat Membantu Anak Remaja Menjadi Lebih Percaya Diri

4. Aplikasikan moisturizer

Kulit yang kering lebih rentan pecah-pecah dan mengalami luka. Sebaliknya, kulit yang dilembabkan dengan baik akan tetap lembut dan kenyal serta memiliki kemampuan untuk sembuh lebih cepat dan tidak mudah terluka.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengoleskan moisturizer atau pelembab yang ringan pada kulit anak sesaat setelah mandi. Langkah ini akan menjaga kulit anak tetap kencang dan cantik.

5. Tanamkan personal hygiene

Personal hygiene harus ditanamkan pada anak sedini mungkin, apalagi jika mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi sangat kotor saat bermain. Ajarkanlah anak Anda untuk menjaga kuku tetap rapi dan bersih agar bakteri tidak berkumpul di dalamnya.

Ajarkan juga kebiasaan mencuci tangan dan membilas wajah setelah beraktivitas di luar ruangan. Ini akan membantu mencegah ruam dan masalah kulit lainnya.

Untuk membersihkan wajah anak, Anda bisa menggunakan air mawar alih-alih menggunakan sabun terlalu banyak dalam sehari. Pasalnya, terlalu sering membersihkan wajah anak dengan sabun akan mengurangi kemampuan kulit mereka untuk menghidrasi dirinya sendiri secara alami serta bisa menyebabkan sensitivitas berlebihan dalam jangka panjang.

Demikian 5 tips skincare untuk merawat kecantikan kulit anak. Semoga bermanfaat dan jangan lupa diterapkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News