ads

5 Makanan dan Minuman yang Berisiko Merusak Gigi Anak

Reporter: Ana Risma
Rabu, 01 Juni 2022 | 14:05 WIB
5 Makanan dan Minuman yang Berisiko Merusak Gigi Anak

ILUSTRASI. 5 Makanan dan Minuman yang Berisiko Merusak Gigi Anak


MOMSMONEY.ID - Makanan yang manis dan tidak sehat memang tidak dapat dipisahkan dengan mudah dari anak-anak. Meski rasanya enak, namun makanan manis sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada anak terlalu sering.

Selain merusak tubuh, makanan manis dan tidak sehat juga tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Ini sekaligus dapat merusak kesehatan gigi mereka.

Sebagai langkah pencegahan gigi berlubang atau kerusakan lainnya pada gigi anak, yuk ajarkan anak Anda untuk menghindari makanan dan minuman di bawah ini sebagaimana dilansir dari Sunshine Pediatric Dentistry.

Baca Juga: 3 Cara Membantu Anak Membangun Tulang yang Kuat

1. Soda

Minum soda

Kandungan gula dan asam yang tinggi dalam soda rentan mendatangkan malapetaka bagi tubuh maupun gigi.

Gula yang ada di dalam soda akan memberikan makanan kepada bakteri hidup yang ada di dalam mulut siapa pun termasuk anak-anak.

Akibatnya, akan tercipta lebih banyak asam yang mampu melarutkan email gigi. Seiring berjalannya waktu, kondisi ini akan menyebabkan gigi berlubang dan perubahan warna pada gigi anak.

2. Makanan tinggi pati

Roti tawar atau roti putih

Makanan tinggi pati seperti pizza, keripik kentang, roti putih, dan lain-lain sangat mudah untuk merusak senyum anak. Pati yang memiliki sifat lengket akan dengan mudah tersangkut di celah-celah gigi.

Jika dibiarkan berlama-lama di dalam mulut anak, pati akan terurai menjadi gula sederhana yang menguntungkan bagi bakteri yang ada di dalam mulut mereka. Alhasil, risiko gigi berlubang pada anak pun akan semakin meningkat.

3. Permen lengket

Gummy bear

Semua permen yang mengandung gula cenderung berbahaya bagi gigi anak. Namun, permen lengket atau sticky candy seperti karamel, lolipop, permen karet, jellybeans, dan lain-lain akan lebih merusak.

Hal ini dikarenakan permen lengket akan menempel pada permukaan gigi dan menyediakan tempat berkembang biak yang lebih lama bagi bakteri penghasil asam.

Jika anak Anda gemar makan permen lengket, pastikan untuk mengarahkan mereka supaya rutin berkumur dengan air setelah memakannya. Kebiasaan ini bermanfaat untuk membantu membersihkan sisa gula yang masih menempel pada gigi anak.

Editor: Ana Risma

Terbaru
TOPIK TERPOPULER