HOME, Keluarga

3 Cara Membantu Anak Membangun Tulang yang Kuat

3 Cara Membantu Anak Membangun Tulang yang Kuat

MOMSMONEY.ID - Tulang yang kuat di masa kanak-kanak merupakan awal yang baik untuk kesehatan tulang anak di sepanjang hidup mereka.

Apabila anak memiliki tulang yang kuat, maka mereka akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menghindari kelemahan tulang di kemudian hari.

Untuk membantu anak membangun tulang yang kuat sedari dini, inilah 3 caranya yang patut Anda terapkan secara konsisten sebagaimana dilansir dari KidsHealth. Yuk, simak!

Baca Juga: Supaya Anak Berani Berpendapat, Terapkan 5 Tips Ini

1. Berikan anak makanan tinggi kalsium

Susu

Kalsium merupakan mineral yang bermanfaat untuk membangun tulang yang sehat. Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Guna mendorong anak mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, Anda dapat menyajikan 2-3 porsi susu rendah lemak setiap hari untuk anak-anak yang lebih kecil. Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda bisa memberikan mereka 4 porsi susu rendah lemak.

Selain itu, gantilah makanan umum dengan makanan-makanan yang mengandung kalsium tinggi. Misalnya, Anda bisa mengganti selai kacang biasa dengan almond butter dan mengganti jus jeruk biasa dengan jus jeruk yang diperkaya kalsium.

2. Berikan anak suplemen vitamin D

Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Meskipun demikian, kebanyakan anak tidak makan banyak makanan yang mengandung vitamin D.

Sebagai solusi, sangat direkomendasikan bagi Anda untuk memberikan anak suplemen vitamin D jika mereka tidak mendapatkan cukup asupan vitamin D dalam makanannya. Bahkan, rekomendasi ini juga berlaku bagi bayi yang tidak minum susu formula setidaknya 32 ons per hari.

Supaya aman, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak atau ahli gizi guna mengetahui berapa banyak vitamin D yang dibutuhkan anak serta cara terbaik untuk mendapatkannya.

Selain melalui makanan dan suplemen, asupan vitamin D juga bisa anak dapatkan dari paparan sinar matahari. Jadi, disarankan bagi Anda untuk rutin mengajak anak berjemur pada pagi hari. Untuk mencegah kanker kulit dan penuaan dini akibat sinar matahari, selalu ingat untuk melindungi kulit anak terlebih dahulu dengan tabir surya, pakaian, dan naungan.

3. Ajak anak berolahraga

Anak olahraga

Semakin digunakan, otot akan menjadi semakin kuat. Hal yang sama pun berlaku untuk tulang.

Untuk membantu memperkuat tulang anak, aktivitas fisik seperti berjalan, berlari, melompat, dan memanjat sangat tepat untuk dipraktikkan dalam keseharian mereka. Saat melakukan berbagai aktivitas tersebut, anak akan menggunakan kekuatan otot dan gravitasi untuk memberikan tekanan pada tulang. Adapun tekanan inilah yang mampu membangun tulang menjadi lebih kuat.

Pastikan Anda mengajak anak melakukan aktivitas fisik di atas setidaknya 1 jam per hari ya Moms. Bisa diselingi juga dengan aktivitas fisik lainnya seperti bersepeda dan berenang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News