HOME, Bugar

5 Kondisi yang Rentan Menyebabkan Abortus Imminens

5 Kondisi yang Rentan Menyebabkan Abortus Imminens

MOMSMONEY.ID - Abortus imminens atau yang juga dikenal dengan threatened abortion dan threatened miscarriage, merupakan istilah yang mengacu pada peringatan akan bahaya keguguran, dilansir dari Journal of Science Direct

Ancaman keguguran tersebut ditandai dengan kemunculan flek kecoklatan akibat perdarahan vagina, ketika usia kehamilan kurang dari 20 minggu.

Gejala tersebut juga disertai oleh gumpalan darah dan sakit perut atau kram. Hingga saat ini, sebenarnya belum diketahui secara pasti apa penyebab utama abortus imminens.

Penyebab pastinya masih belum diketahui secara jelas. Namun, komplikasi kehamilan muda ini terkait dengan risiko keguguran.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah 5 Mitos Kehamilan yang Jarang Diketahui

Dilansir dari Sleep Education dan Healthline, ada berbagai hal yang menyebabkan perempuan rentan keguguran, seperti berikut ini.

1. Faktor eksternal

Ada beberapa faktor eksternal yang dapat menjadi penyebab abortus imminens. Contohnya seperti adanya trauma pada perut atau paparan zat berbahaya.

Misalnya seperti asap rokok, zat beracun dari benda-benda di sekitarmu seperti timbal pada besi, atau pestisida. Di samping itu, gaya hidup yang kurang sehat juga termasuk sebagai faktor eksternal penyebab abortus imminens.

2. Faktor usia

Faktor usia juga menjadi salah satu kondisi yang rentan menyebabkan abortus imminens. Terutama bagi para wanita yang menjalani masa kehamilan saat sudah berusia di atas 35 tahun atau kehamilan tua. 

3. Kelainan kromosom

Risiko kerusakan pada kromosom dapat meningkat seiring bertambahnya usia wanita yang dapat memicu terjadinya abortus imminens. Pasalnya, masalah atau kelainan pada kromosom dapat menyebabkan fetus menjadi abnormal. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

4. Masalah hormon

Salah satu kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya abortus imminens adalah masalah pada produksi hormon. Produksi hormon yang tidak memadai terkadang dapat menjadi salah satu penyebab keguguran.

5. Mengidap penyakit kronis atau kelainan tertentu

Beberapa penyakit kronis juga bisa menyebabkan abortus imminens. Misalnya seperti mengidap diabetes, adanya penyakit ginjal, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali, lupus, hingga kelenjar tiroid yang kurang atau terlalu aktif.

Nah, itulah beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya abortus imminens. Mulai dari adanya kelainan pada kromosom, hingga mengalami infeksi akut selama kehamilan pada usia muda.

Berita baiknya, abortus imminens adalah jenis keguguran yang masih dapat diselamatkan. 

Selanjutnya: Inilah Hormon yang Dimiliki Perempuan, Kamu Wajib Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News