HOME, Bugar

Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat dan Kandungan Buah Srikaya untuk Kesehatan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Buah srikaya bernama latin Annona squamosal ini masuk ke dalam keluarga buah tropis Annonaceae, dan di beberapa daerah juga dikenal dengan nama buah Mona atau buah Nona.

Srikaya mengandung berbagai vitamin dan nutrisi seperti Vitamin B1, Vitamin C, Karbohidrat, Protein, serat, kalsium, Potasium, Magnesium, Zat besi, Zinc, Fosfor, dan lemak. Vitamin dan nutrisi tersebut bisa didapat sekaligus dengan mengonsumsi satu buah ini saja.

Lengkapnya kandungan vitamin dan nutrisi inilah yang membawa banyak manfaat untuk ibu hamil.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Kaya Nutrisi yang Mengenyangkan untuk Ibu Menyusui

1. Meredakan gejala mual

Ibu hamil pastinya mengalami gejala “morning sickness” yang cukup mengganggu di pagi hari. Kondisi ini sangat membuat tak nyaman suasana pagi karena ibu hamil akan merasakan mual, pusing, dan lemas dalam waktu yang bersamaan.

Biasanya gejala mual ini terjadi di trimester pertama kehamilan. Tentunya gejala morning sickness ini bisa diredakan dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama masa kehamilan.

Terdapat kandungan vitamin B6 di dalam buah srikaya yang mampu meredakan mual dan pusing pada ibu hamil pada masa awal kehamilan.

2. Sumber energi

Tubuh ibu hamil sering cepat lelah karena banyaknya kalori yang terbuang. Kelelahan berlebih pada ibu hamil tentunya sangat mengganggu aktifitas dan membahayakan janin dalam tumbuh kembangnya.

Untuk itulah dibutuhkan asupan kalori yang cukup untuk membuat ibu hamil tetap berenergi. Buah srikaya mengandung kalori yang cukup tinggi untuk menjaga asupan kalori dalam tubuh ibu hamil tetap terpenuhi dengan baik. 

3. Mencegah anemia

Buah srikaya memiliki kandungan karbohidrat, kalori, dan lemak yang cukup tinggi. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal.

Salah satu masalah yang sering menghantui ibu hamil selama masa kehamilan adalah anemia. Menurunkan resiko anemia menjadikan manfaat buah srikaya bagi ibu hamil semakin komplit.

Kurang darah bisa membahayakan ibu dan janin sehingga hal ini harus mendapatkan perhatian lebih untuk menjaga tumbuh kembang janin berjalan dengan baik hingga proses persalinan nanti. 

Baca Juga: 5 Vitamin yang Wajib Dipenuhi Selama Kehamilan

4. Meminimalisir kelahiran prematur

Kelahiran prematur menjadi salah satu ketakutan bagi para ibu hamil saat menjaga kandungan hingga proses persalinan. Hal ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama hamil.

Dengan pemberian asupan zinc yang cukup selama masa kehamilan, maka kadar hemoglobin dalam tubuh tetap terjaga dalam volume yang ideal sehingga mampu terhindar dari kelahiran prematur.

5. Mengurangi nyeri saat melahirkan

Meski belum terbukti secara medis, tapi manfaat buah srikaya untuk ibu hamil yang satu ini patut dicoba untuk mengurangi nyeri saat proses persalinan.

Mengkonsumsi buah srikaya secara rutin selama masa kehamilan bisa mempersiapkan diri lebih dini dalam menghadapi persalinan normal karena rasa sakit bisa diminimalisir.

Selain itu srikaya juga dipercaya mengurangi resiko keguguran yang menjadi ketakutan utama ibu hamil.

Setelah mengetahui manfaat buah srikaya untuk ibu hamil, pastinya Anda sekarang semakin yakin untuk menambahkan buah srikaya sebagai salah satu menu utama selama kehamilan hingga persalinan untuk mendapatkan manfaat optimal.

Selanjutnya: Bukan sekedar Penyedap Masakan, Daun Bawang Juga Baik untuk Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News