Keluarga

5 Keterampilan Penting untuk Membantu Anak Sukses di Masa Depan, Ajarkan Segera!

5 Keterampilan Penting untuk Membantu Anak Sukses di Masa Depan, Ajarkan Segera!

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 keterampilan penting untuk membantu anak sukses di masa depan. Apa saja?

Saat anak berhasil dalam ujian, sesungguhnya itu tidak menjamin mereka akan berhasil dalam karir atau hubungan di masa depan.

Berdasarkan penelitian dan pengalaman selama beberapa dekade dari seorang profesor psikologi perkembangan di Temple University, ada beberapa keterampilan penting yang harus diajarkan kepada anak-anak untuk mendorong mereka menjadi individu yang cerdas dan berhasil dalam hidup.

Melansir iMOM, inilah 5 keterampilan penting yang patut orang tua ajarkan kepada anak sedini mungkin untuk membantu anak sukses di masa depan.

Baca Juga: Suka Kopi Manis? Ini 5 Bahan Pemanis Kopi yang Lebih Sehat dari Gula Pasir

1. Berkolaborasi

Mengajarkan anak-anak cara berkolaborasi dengan orang lain akan menjadi dasar dari segala kesuksesan mereka di masa depan.

Jadi, Anda sebagai orang tua sangat disarankan untuk memberikan pembelajaran kepada anak tentang bagaimana menahan dorongan ego, bergaul dengan orang lain, serta bekerja sebagai bagian dari tim.

2. Berkomunikasi

Setelah kolaborasi, komunikasi menjadi keterampilan kedua yang tidak boleh orang tua lewatkan untuk diajarkan kepada anak. Pasalnya, keterampilan berkomunikasi secara efektif sangat perlu anak kuasai untuk mendorong kesuksesannya kelak.

Artinya, anak harus tahu bagaimana cara berbicara, menulis, membaca, memahami bahasa, dan mendengarkan dengan baik.

Anda bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi anak dengan rutin mengajak mereka berdiskusi, berpendapat, membaca dan mendengarkan buku cerita, serta latihan menulis lebih sering.

3. Memahami konten

Faktanya, memahami dan memproses konten atau isi termasuk salah satu keterampilan yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak.

Jika anak Anda tahu cara belajar atau memahami sesuatu dengan baik, maka ke depannya tidak akan sulit bagi mereka untuk menguasai berbagai bidang dan menghadapi tantangan apapun.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Body Lotion dengan Tepat untuk Hasil Maksimal, Sudah Tahu Belum?

4. Berpikir kritis

Saat anak Anda mampu berpikir kritis, itu akan membantu mereka untuk membuat keputusan sendiri alih-alih hanya menerima apapun yang dikatakan oleh orang lain.

Berpikir kritis didasarkan pada bukti dan logika daripada emosi dan hafalan. Dengan berpikir kritis, anak akan mampu mengevaluasi sesuatu dan tak sekadar menerimanya begitu saja.

Selain itu, keterampilan berpikir kritis juga akan membantu anak untuk tetap tenang di bawah tekanan maupun stres.

5. Berinovasi kreatif

Keterampilan berinovasi kreatif akan membantu anak untuk bisa mengelola dengan baik apa yang sudah mereka ketahui dan membuat sesuatu yang baru.

Idealnya, keterampilan berinovasi kreatif cocok digabungkan dengan keterampilan berpikir kritis.

Karena, anak-anak yang terbiasa berpikir kritis cenderung mampu membuat koneksi di berbagai mata pelajaran untuk menciptakan atau menemukan sesuatu yang baru.

Nah, itu dia 5 keterampilan penting untuk membantu anak sukses di masa depan.

Selain kelima keterampilan di atas, hal lain yang tidak boleh luput untuk diajarkan oleh orang tua kepada anak adalah cara menjadi individu yang percaya diri.

Mengapa kepercayaan diri harus dimiliki oleh setiap anak? Karena, rasa percaya diri yang tinggi akan membuat anak merasa aman untuk mengambil risiko, mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih banyak hal, serta meningkatkan potensi untuk sukses.

Plus, bantu juga anak-anak Anda untuk bisa memahami bahwa kegagalan adalah sesuatu yang tidak apa-apa untuk mereka alami. Sebaliknya, keraguan dan ketakutan diri terhadap kegagalan hanya akan membatasi langkah mereka untuk bergerak maju.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News