Keluarga

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Bulu Mata Rontok, Sering Terjadi Tanpa Disadari

5 Kebiasaan yang Menyebabkan Bulu Mata Rontok, Sering Terjadi Tanpa Disadari

MOMSMONEY.ID - Ada 5 kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok. Cari tahu selengkapnya di sini.

Sedang bermasalah dengan bulu mata yang terus-menerus rontok namun tidak tahu pasti apa penyebabnya?

Ternyata, kerontokan bulu mata yang Anda alami bisa disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang selama ini Anda lakukan tanpa disadari lho.

Melansir laman SELF, Dr. Heidi Waldorf, Director of Laser and Cosmetic Dermatology at The Mount Sinai Hospital, dan Christine Choi Kim, dokter kulit di Santa Monica, membagikan 5 kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok sebagai berikut:

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Ketombe Parah dengan Haircare Rutin

1. Stres

Kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok yang pertama yaitu stres. Stres telah terbukti dapat meningkatkan kerontokan rambut di kepala. Dan, hal yang sama dapat berdampak serupa pada bulu mata, lo.

Stres akan mendorong folikel rambut ke fase telogen atau dikenal juga sebagai fase tidak aktif yang menyebabkan rambut rontok. Hal ini bisa terjadi akibat stres fisik atau pun stres emosional.

2. Menjepit bulu mata setelah memakai maskara

Kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok yang kedua yaitu menjepit bulu mata setelah memakai maskara. Penjepit bulu mata dapat memberikan daya tarik pada rambut sekaligus mencabutnya terutama jika dilakukan setelah memakai maskara.

Guna mencegah bulu mata semakin rontok, selalu ingat untuk menjepit bulu mata Anda sebelum mengaplikasikan maskara ya.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik tanpa harus menekan bulu mata terlalu kuat atau menjepitnya berkali-kali, Anda bisa memanaskan alat penjepit bulu mata dengan pengering rambut terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Bedak untuk Kulit Sensitif biar Tidak Iritasi, Cari Tahu di Sini

3. Sering menggunakan maskara waterproof

Kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok yang ketiga yaitu sering menggunakan maskara waterproof.

Maskara dengan formula waterproof atau tahan air memang sangat membantu untuk menciptakan tampilan bulu mata yang awet sepanjang hari.

Kendati demikian, bahan-bahan yang terkandung di dalam maskara waterproof cenderung mengeringkan bulu mata dan membuatnya rapuh sekaligus mudah rontok.

4. Tidur dengan maskara

Kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok yang keempat yaitu tidur dengan maskara.

Tidur dengan maskara yang masih menempel sama dengan tidur menggunakan hairspray. Kebiasaan ini tergolong buruk karena bisa memanipulasi untaian bulu mata dengan lapisan yang sangat kaku. Akibatnya, bulu mata akan menjadi lebih mudah patah.

Kerontokan bulu mata dapat diperparah oleh gesekan demi gesekan pada bantal yang mungkin terjadi tanpa disadari.

Baca Juga: Hindari 4 Kesalahan Perawatan Kulit di Malam Hari, Apa Saja?

5. Menggosok area mata terlalu keras saat menghapus makeup

Kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok yang kelima yaitu menggosok area mata terlalu keras saat menghapus makeup.

Untuk membersihkan riasan mata yang sulit dihilangkan seperti maskara atau eyeliner waterproof, gunakanlah produk eye makeup remover berbahan dasar minyak. Formula ini akan membantu menghapus riasan di sekitar mata dengan lembut.

Kompres mata sejenak dengan kapas yang sudah dibasahi dengan eye makeup remover sebelum diusapkan. Langkah ini berguna untuk melarutkan produk makeup agar lebih mudah dibersihkan.

Di sisi lain, hindari menggosok area mata Anda terlalu keras. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan kerontokan bulu mata sekaligus memicu kerutan dan garis-garis halus.

Itulah 5 kebiasaan yang menyebabkan bulu mata rontok. Kira-kira, kebiasaan mana yang sering Anda lakukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News