Bugar

5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Osteofit Atau Benjolan Tulang

5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Osteofit Atau Benjolan Tulang

MOMSMONEY.ID - Osteofit adalah benjolan tulang yang tumbuh di sekitar persendian. Osteofit dapat tumbuh di tulang bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering muncul di leher, bahu, lutut, pinggul, tumit, dan jari.

Osteofit muncul sebagai bentuk dari respon tubuh dalam menghadapi gangguan yang muncul di sekitar sendi. 

Jika seseorang mengalami osteoarthritis, maka ia akan mengalami osteofit, yaitu kondisi ketika tulang rawan di sekitar sendi secara perlahan terkikis.

Baca Juga: Sederet Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

Penyebab dari osteofit dipastikan sama dengan osteoarthritis. Dilansir dari Health Focus, ini adalah beberapa kebiasaan yang bisamenyebabkan seseorang mengalami osteofit, antara lain:

Aktivitas berulang

Kebiasaan yang menyebabkan osteofit pertama adalah adanya aktivitas yang berulang. Aktivitas yang berulang memberi beban berlebihan pada salah satu sendi, sehingga tulang rawan dapat terkikis dan muncul gangguan ini.

Makan banyak tanpa diiringi olahraga

Jika Anda kerap kali melakukan kebiasaan makan makanan tidak sehat, berlemak, dan tidak diimbangi olahraga maka dapat mengakibatkan obesitas.

Kondisi kegemukan dapat menyebabkan osteofit. Berat badan berlebih membuat sendi mendapatkan beban lebih dari kemampuannya sehingga tulang rawan pada area sendi akan terkikis. 

Kurang minum air putih

Kebiasaan yang menyebabkan osteofit lainnya adalah kurangnya asupan air putih untuk tubuh. Minum banyak air putih adalah salah satu cara untuk menjaga cakram tulang belakang dan persendian tetap sehat.

Olahraga berat

Kebiasaan yang menyebabkan osteofit keempat karena olahraga berat. Sama halnya dengan aktivitas berulang, olahraga dengan intensitas tinggi juga meningkatkan beban pada sendi. Selain itu, intensitas tinggi dapat menyebabkan iritasi dan luka pada tulang.

Baca Juga: Jarang Diketahui Orang, Ini Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Kurang kalsium atau vitamin D

Kebiasaan yang menyebabkan osteofit selanjutnya karena kurang kalsium atau vitamin D. Kurang konsumsi makanan dan minuman yang tidak mengandung kalsium atau vitamin D. 

Akibat kekurangan dua nutrisi penting ini, maka kesehatan tulang bisa terganggu sehingga beban tulang menjadi semakin berat. Pastikan memasukan nutrisi ini ke dalam makanan harianmu. 

Berdiri atau duduk dengan posisi asal-asalan

Kebiasaan ini dilakukan oleh pekerja kantoran yang kerap kali dipaksa duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam.

Cara untuk menghindari osteofit adalah duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang benar. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan punggung dan menjaga tulang belakang tetap lurus.

Itulah beberapa kebiasaan yang menyebabkan osteofit dan sebaiknya mulai hari ini segera dihindari. Serta selalu lakukan pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News