Bugar

Sederet Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

Sederet Penyakit Autoimun yang Rentan Menyerang Perempuan

MOMSMONEY.ID - Penyakit autoimun merupakan penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang organ dan jaringan sehat dalam tubuh.

Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan organ menjadi abnormal, sehingga berujung pada perubahan fungsi organ, dikutip dari Mayo Clinic

Dilansir dari Women's Health, berikut ini sejumlah penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan, antara lain: 

Baca Juga: Cari Tahu Yuk! Ini 5 Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Depresi

Penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan pertama adalah depresi. Perempuan memiliki risiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami depresi ketimbang pria. 

Uniknya, hal ini dipicu oleh perbedaan fisiologis antara tubuh perempuan dan pria, yaitu terkait perubahan hormon yang terjadi setiap bulan, usai melahirkan, serta sebelum dan selama masa menopause. 

Penyakit hashimoto

Penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan kedua adala penyakit hashimoto. Penyakit hashimoto terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tiroid.

Penyakit autoimun pada wanita yang satu ini akan ditandai dengan gejala utama berupa pembengkakan di depan tenggorokan seperti gondok. 

Gejala yang tampak meliputi kelelahan, penambahan berat badan, depresi, nyeri otot atau sendi, kulit dan kuku kering, rambut rontok berlebihan, sembelit, serta suara serak.  

Infeksi saluran kemih

Penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan ketiga adalah infeksi saluran kemih. Letak saluran kencing wanita dekat dengan vagina dan rektum sehingga banyak bakteri hidup pada bagian tersebut.

Itulah sebabnya, wanita berisiko lebih tinggi untuk terkena infeksi saluran kemih, dibanding pria.  

Baca Juga: Ini Cara Menjaga Kesehatan Sperma agar Kualitasnya Tetap Tokcer

Gangguan makan

Penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan selanjutnya adalah gangguan makan. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menjelaskan akar penyebabnya. 

Gangguan ini diduga terjadi karena kombinasi dari faktor tubuh dan lingkungan sosial yang umumnya lebih banyak mempengaruhi wanita dibandingkan pria. 

Selain itu, faktor kondisi psikologis dan masalah dengan bentuk tubuh merupakan beberapa pemicu lain yang dialami oleh perempuan.

Multiple sclerosis (MS)

Multiple sclerosis, atau yang lebih dikenal dengan istilah sklerosis ganda merupakan penyakit autoimun pada wanita yang ditandai dengan sistem imun yang menyerang lapisan pelindung di sekitar saraf.

Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang. Intensitas gejalanya akan tergantung pada lokasi dan tingkat serangan penyakit.  

Gejala akan ditandai dengan kebutaan, otot menegang, lemah, mati rasa pada kaki dan tangan, kesemutan, kelumpuhan, sulit bicara, serta kehilangan koordinasi gerak tubuh secara perlahan.

Itulah penyakit autoimun yang rentan menyerang perempuan. Selalu terapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan periksakan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News