Keluarga

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Panjang Umur lo, Yuk Terapkan Sekarang

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Panjang Umur lo, Yuk Terapkan Sekarang

MOMSMONEY.ID - 5 kebiasaan ini bisa bikin panjang umur lho. Apa saja?

Umur setiap individu memang tidak ada yang tahu pasti. Namun, harapan hidup seseorang bisa ditingkatkan dengan menerapkan kebiasaan sehat.

Dilansir dari laman One Medical, ada beberapa kebiasaan yang berpotensi menambah usia hidup kita. Simak baik-baik, inilah 5 kebiasaan yang bisa bikin panjang umur.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Bisa Cegah Penuaan Dini lo

1. Olahraga teratur

Selain membuat tubuh tetap bugar dan kuat, aktivitas fisik secara teratur juga dapat memperpanjang umur. Olahraga terbukti mengurangi risiko penyakit terkait usia seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, stroke, dan kanker tertentu. Sekaligus, memperkuat tulang dan otot serta meningkatkan harapan hidup secara keseluruhan.

CDC atau Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan minimal 150 menit aktivitas sedang setiap minggu. Namun, Anda tetap akan mendapatkan manfaat olahraga walau dalam jumlah yang lebih kecil.

Satu studi menemukan bahwa aktivitas fisik selama 15 menit sehari berpotensi meningkatkan umur hingga 3 tahun. Sementara itu, penelitian lain mengaitkan kurang olahraga dengan risiko kematian dini yang lebih besar.

2. Tidur cukup

Jadwal tidur yang teratur penting untuk fungsi tubuh secara keseluruhan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur dikaitkan dengan kondisi kesehatan yang serius termasuk hipertensi, peradangan, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan obesitas. Adapun kondisi-kondisi tersebut berkontribusi pada umur yang lebih pendek.

Di sisi lain, terlalu banyak tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan dikaitkan dengan risiko stroke serta penyakit jantung yang lebih besar.

Untuk panjang umur, pastikan Anda tidur pada waktu yang sama setiap malam setidaknya 7-8 jam.

3. Tetap terkoneksi secara sosial

Persahabatan dan hubungan tak sekadar memuaskan secara emosional tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan fisik.

Tinjauan klinis pada hampir 150 studi menemukan bahwa individu dengan jaringan sosial yang kuat rata-rata memiliki peluang bertahan hidup 50% lebih besar daripada mereka yang kurang mendapatkan dukungan sosial. Faktanya, risiko kesehatan dari isolasi sosial setara dengan merokok 15 batang sehari dan lebih signifikan daripada obesitas atau tidak aktif, menurut penelitian.

Dengan memiliki hubungan yang kuat dan bermakna, itu dapat meningkatkan perasaan bahagia dan kepuasan hidup, mengurangi stres, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 4 Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Bisa Mengurangi Kerutan

4. Menerapkan pola makan sehat

Apa yang Anda makan bisa berdampak serius pada hidup Anda dalam jangka panjang. Pola makan sehat yang kaya buah-buahan, sayuran, serat, dan makanan utuh telah terbukti melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, obesitas, hipertensi, hingga kanker tertentu penyebab kematian dini.

Satu studi memperkirakan bahwa lebih dari 400.000 kematian per tahun dapat dicegah dengan perbaikan pola makan. Memperbaiki pola makan meski hanya sebesar 20% tetap mampu mengurangi risiko kematian dini sebesar 8%-17%.

Fokuslah untuk memasukkan berbagai makanan utuh yang tidak diproses ke dalam sebagian besar menu makan Anda. Itu artinya, Anda harus lebih banyak makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan sembari mengurangi konsumsi gula rafinasi sebanyak mungkin.

5. Mengurangi stres

Stres yang meningkat dapat berdampak signifikan pada tubuh dan mengganggu hampir semua prosesnya. Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis bisa meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, peradangan, dan obesitas sekaligus memperpendek harapan hidup.

Menurut sebuah penelitian di Finlandia, stres berat mengurangi rentang hidup pria dan wanita lebih dari 2 tahun.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengelola stres dan melindungi kesehatan mental di antaranya menulis jurnal, yoga, meditasi, dan terapi.

Sekian informasi tentang 5 kebiasaan yang bisa bikin panjang umur. Jika Anda merokok atau minum alkohol, pastikan untuk segera menghentikannya karena kedua kebiasaan ini telah dikaitkan dengan rentang hidup yang lebih pendek. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News