Keluarga

5 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Bisa Cegah Penuaan Dini lo

5 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Bisa Cegah Penuaan Dini lo

MOMSMONEY.ID - Ini 5 manfaat minum air hangat di pagi hari yang tidak boleh Anda lewatkan.

Penelitian menunjukkan bahwa minum air hangat di pagi hari saat perut kosong menawarkan manfaat kesehatan paling besar dibandingkan minum teh, kopi, atau air dingin.

Menurut ahli gizi klinis Stella Metsovas, minum air hangat di pagi hari dapat meningkatkan pengetatan usus untuk mengatur pergerakan usus dan melancarkan pencernaan.

Lebih lengkap, berikut 5 manfaat minum air hangat di pagi hari, sebagaimana dilansir dari Lifehack:

Baca Juga: 5 Manfaat Menetapkan Rutinitas Harian untuk Balita, Anak Jadi Tidak Gampang Rewel

1. Mencegah penuaan dini

Keberadaan racun dalam tubuh bisa mempercepat proses penuaan. Ketika tubuh dipenuhi racun, itu akan membuat tubuh menjadi rentan terhadap penyakit dan penuaan.

Kabar baiknya, minum air hangat di pagi hari dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, air hangat juga mampu membantu memperbaiki sel-sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

2. Menurunkan berat badan

Ternyata, minum air hangat di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan lho. Air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh yang pada gilirannya akan meningkatkan laju metabolisme.

Nah, peningkatan aktivitas metabolisme inilah yang memberikan tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Memulai hari dengan segelas air lemon hangat akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa atau lemak tubuh. Air lemon hangat juga bisa mengontrol nafsu makan karena lemon mengandung serat pektin.

3. Mengurangi rasa sakit

Air hangat dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan nyeri akibat kram menstruasi. Dengan minum air hangat di pagi hari, itu akan melemaskan otot perut dan membantu meringankan nyeri haid.

Air hangat juga termasuk obat yang efektif untuk semua jenis kram karena mampu meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot tubuh.

Baca Juga: 4 Cara Merespons Kesalahan Anak dengan Tepat, Jangan Langsung Marah-Marah

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Timbunan yang terakumulasi di sistem saraf dan timbunan lemak di tubuh dapat dihilangkan dengan minum segelas air hangat di pagi hari.

Proses pembuangan racun yang dihasilkan dari air hangat pada gilirannya akan meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu aliran darah, menghilangkan sirkulasi buruk, membuat rileks, dan mengendurkan otot.

5. Meningkatkan pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mencerna sekaligus menghilangkan makanan dengan lebih baik.

Sebaliknya, minum air dingin setelah makan bisa membekukan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja dikonsumsi. Akibatnya, lemak akan semakin menumpuk dan pencernaan akan menjadi lebih sulit.

Demikian 5 manfaat minum air hangat di pagi hari yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News