Bugar

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan biar Hidup Lebih Sehat

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan biar Hidup Lebih Sehat

MOMSMONEY.ID - Kebiasaan buruk atau gaya hidup tidak sehat yang dijalani berpotensi mengganggu kesehatan fisik maupun mental. 

Ada beragam jenis gaya hidup tidak sehat. Misalnya, sering begadang, kurang bergerak, pola makan yang buruk, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan kecanduan obat-obatan.

Kebiasaan buruk yang dilakukan terus-menerus bisa memicu timbulnya gangguan fisik maupun mental. Misalnya, kecemasan, obesitas, kurang gizi, kolesterol, hipertensi, dan depresi.

Dikutip dari Good Healthy, berikut beberapa contoh kebiasaan buruk yang harus dihentikan agar hidup lebih sehat, antara lain: 

Baca Juga: 4 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Asam Urat

Kurang berolahraga

Jarang atau sama sekali tidak berolahraga dapat memicu penumpukan kolesterol dan lemak dalam tubuh. Dampaknya, tubuh jadi rentan terserang penyakit kronis. Salah satunya sakit jantung.

Aktif bergerak bisa meningkatkan kesehatan fisik maupun mental. Beberapa manfaatnya bisa membakar kalori tubuh, menjaga kadar kolesterol, dan menurunkan risiko stres serta kecemasan.

Pola makan yang buruk

Pola makan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa kebiasan buruk yang perlu dihindari, yakni mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol.

Selain itu, menghentikan kebiasaan makan tidak sehat juga perlu dilakukan, di antaranya makan berlebihan, mengonsumsi camilan saat malam, melewatkan sarapan, dan makan terlalu cepat.

Kecanduan gadget

Perangkat teknologi, seperti televisi, handphone, atau komputer, memang mempermudah kehidupan manusia. Namun, jika digunakan secara berlebihan, ini bisa menimbulkan dampak buruk. 

Penyebabnya adalah pancaran blue light dari gadget yang berpotensi mengurangi hormon melatonin penyebab kantuk. Dampak lainnya adalah penurunan kemampuan penglihatan.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Inilah Sederet Manfaat Minyak Zaitun yang Luar Biasa

Sering begadang

Terlalu sering begadang di malam hari membuat seseorang lebih rentan mengalami gangguan fungsi otak dan gangguan tidur, seperti insomnia.

Dalam jangka panjang, begadang bisa meningkatkan risiko gangguan mental. Misalnya, stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Menunda waktu makan

Waktu makan terkadang tertunda akibat pekerjaan yang masih menumpuk. Terlalu sering melewatkan makan siang memicu gangguan pencernaan, termasuk GERD dan maag.

Menunda waktu makan berpotensi membuat tubuh kekurangan energi. Ini justru dapat menurunkan produktivitas dan kreativitas dalam bekerja.

Kebiasaan lain yang sering dilakukan adalah menunda menyantap makanan yang sudah dibuka. Padahal, ini berisiko terkontaminasi kuman atau bakteri dari lingkungan sekitar.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihentikan agar hidup lebih sehat. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen guna menunjang kesehatan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News