HOME, Bugar

5 Jenis Tumor Jinak yang Perlu Diketahui Agar Lebih Waspada

5 Jenis Tumor Jinak yang Perlu Diketahui Agar Lebih Waspada

MOMSMONEY.ID - Tumor jinak dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun.

Berdasarkan lokasi tumbuhnya, tumor jinak dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Masing-masing jenis tumor jinak tersebut memiliki ciri yang berbeda dan cara penanganan yang berbeda pula. 

Jika sudah demikian, tumor jinak perlu ditangani, baik dengan obat-obatan seperti kemoterapi, terapi radiasi, atau operasi.

Berdasarkan letaknya, tumor jinak bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, dirangkum dari Everyday Health berikut ini.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Kemungkinan Penyebab Benjolan di Kepala

1. Lipoma

Lipoma merupakan tumor jinak yang muncul di jaringan lemak tubuh. Tumor jinak ini bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, misalnya punggung, bahu, lengan, atau leher.

Lipoma umumnya tampak berupa benjolan di bawah kulit yang tampak bulat, lunak, dan dapat digerakkan.

Jenis tumor jinak ini sering kali tidak perlu diobati apabila ukurannya kecil atau tidak menimbulkan keluhan apa pun. Namun, jika sudah membesar atau menimbulkan rasa nyeri, lipoma biasanya perlu ditangani dengan pembedahan.

2. Fibroid

Fibroid atau fibroma tumbuh di jaringan fibrosa atau jaringan ikat pada organ atau bagian tubuh tertentu. Tumor jinak jenis ini paling umum muncul di rahim (fibroid rahim).

Meski tidak berbahaya, fibroid rahim bisa tumbuh cukup besar dan menimbulkan keluhan berupa perdarahan vagina yang cukup berat, sering buang air kecil, nyeri panggul, hingga masalah kesuburan. 

3. Mioma

Mioma merupakan jenis tumor yang tumbuh di otot. Mioma juga bisa tumbuh di otot polos rahim atau dinding pembuluh darah. Untuk mengatasi jenis tumor jinak ini, dokter dapat melakukan tindakan operasi atau pengobatan dengan kemoterapi. 

Baca Juga: 10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

4. Meningioma

Meningioma adalah tumor jinak yang tumbuh di selaput pembungkus otak dan sumsum tulang belakang. Pengobatan meningioma bervariasi, tergantung lokasi dan gejala yang ditimbulkan.

Akan tetapi, kondisi ini umumnya ditangani dengan operasi dan kemoterapi.

5. Osteochondroma

Osteochondroma merupakan tumor tulang jinak yang biasanya muncul dengan ciri-ciri benjolan di daerah sendi, seperti lutut atau bahu. Tumor jenis ini lebih sering terjadi pada anak-anak.

Pembedahan mungkin diperlukan jika tumor jinak ini menyebabkan gejala nyeri akibat menekan saraf atau pembuluh darah.

Namun, jika tumor jinak tumbuh dengan cepat atau menimbulkan keluhan lainnya, terkadang dokter perlu melakukan biopsi untuk memastikan apakah tumor tersebut bersifat jinak atau ganas.

Jika Anda mendapati adanya benjolan atau pertumbuhan jaringan tubuh yang diduga sebagai tumor, baik tumor jinak maupun ganas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Selanjutnya: Penderita Jantung Lemah Sebaiknya Menghindari 5 Makanan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News