HOME, Bugar

10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit usus buntu atau dalam bahasa medis dikenal dengan apendisitis adalah kondisi ketika apendiks atau sebuah kantung yang merupakan bagian dari usus besar yang terletak di sisi kanan bawah perut mengalami peradangan, dikutip dari Everyday Health.

Penyumbatan yang terjadi di lapisan usus buntu yang  menyebabkan infeksi diduga menjadi penyebab penyakit usus buntu. Bakteri dapat berkembang biak dengan cepat yang akhirnya menyebabkan apendiks menjadi meradang, bengkak, dan penuh nanah. 

Bila tidak segera diobati usus buntu bisa pecah. Penyakit ini terjadi ketika usus buntu tersumbat oleh tinja, benda asing, atau tumor. 

Infeksi juga dapat menyebabkan sumbatan usus buntu, sebab secara normal usus buntu akan membengkak sebagai respons dari adanya infeksi dalam tubuh.  

Dalam banyak kasus, penyebab radang usus buntu tidak sepenuhnya diketahui dengan jelas. Namun, beberapa orang jadi rentan dengan usus buntu karena adanya beberapa faktor. 

Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab terjadinya radang usus buntu, antara lain :  

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasinya

1. Nyeri tumpul di area pusar atau perut bagian atas yang semakin ‘tajam’ dan konstan ketika berpindah ke area perut kanan bawah; biasanya ini merupakan gejala yang pertama kali timbul  

2. Hilangnya nafsu makan  

3. Mual dan/atau muntah segera setelah nyeri perut mulai terasa  

4. Demam ringan hingga sedang (37.2 38.9 derajat Celcius)  

5. Sulit buang angin  

6. Nyeri tumpul atau tajam di area perut atas atau bawah, punggung, atau rektum  

7. Nyeri saat buang air kecil  

8. Muntah sebelum nyeri perut muncul  

9. Kram perut yang hebat  

10. Diare atau konstipasi  

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Dalam Darah dengan Konsumsi Temulawak

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, segera cari pertolongan medis. Jangan makan, minum, atau menggunakan obat-obatan yang mengakibatkan usus buntu yang meradang ini pecah.  

Jika gejala-gejala ini muncul, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Lebih cepat Anda mendeteksi adanya penyakit usus buntu, akan mempermudah dokter melakukan penanganan yang tepat untuk tubuhmu.

Selanjutnya: Ini Dia 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Malaria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News