HOME, Bugar

5 Jenis Penyakit Autoimun Pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

5 Jenis Penyakit Autoimun Pada Anak yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Penyakit autoimun adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Padahal, seharusnya sistem kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari serangan kuman penyakit. 

Dikutip dari Everyday Health, penyakit autoimun pada anak bisa muncul karena diwariskan dari ibu yang memiliki penyakit autoimun tertentu.

Baca Juga: Beberapa Jenis Penyakit Autoimun yang Sering Menyerang Wanita

Beberapa adalah sejumlah penyakit autoimun yang dapat dialami oleh anak-anak. Konsultasikan masalah ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

1. Autoimmune thyroiditis (AT)

Selanjutnya ada penyakit yang umum terjadi pada remaja dan juga bisa menyerang anak-anak, yaitu autoimmune thyroiditis.

2. Celiac

Penyakit Celiac merupakan penyakit autoimun pada anak yang berkaitan dengan pencernaan, terutama fungsi usus halus.

3. Penyakit Addison

Kelenjar adrenal berperan penting dalam produksi hormon aldosteron, kortisol, dan gonadokortikoid. Ketika kelenjar ini tidak mampu memproduksi hormon yang dibutuhkan, maka anak bisa menderita penyakit Addison.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu, Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Ini Kerap Dialami Pria

4. Psoriasis

Jenis penyakit autoimun pada anak yang pertama adalah psoriasis. Kondisi ini disebabkan oleh kesalahan imunitas tubuh yang menyerang sel kulit sehat.

5. Penyakit kawasaki

Salah satu penyakit autoimun pada anak yang cukup langka adalah penyakit Kawasaki. Penyakit ini terjadi ketika otot mengalami peradangan dan mengganggu fungsi pembuluh darah koroner jantung.

Itulah beberapa penyakit autoimun pada anak yang umumnya menyerang. Saat ini, banyak ahli kesehatan maupun orang tua yang memahami jika penyakit autoimun pada anak bisa mempengaruhi kondisi psikologis atau emosinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News