HOME, Bugar

5 Jenis Diabetes dan Penanganannya

5 Jenis Diabetes dan Penanganannya

MOMSMONEY.ID - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis paling umum di Indonesia. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi jika kondisinya terus bertambah parah, sehingga penting untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.  

Meski memiliki angka kejadian yang tinggi, diabetes melitus tergolong sebagai penyakit yang sulit dikenali sejak dini. Dilansir dari Medical News Today dan Healthline, berikut ini lima di antara jenis penyakit diabetes yang sangat penting Anda ketahui. 

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Diet Bagi Para Penderita Diabetes

1. Diabetes Tipe 1

Diabetes melitus tipe 1 adalah jenis penyakit autoimun yang menyebabkan pankreas, organ yang memproduksi hormon insulin mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan insulin, padahal hormon tersebut dibutuhkan untuk mengolah gula darah menjadi energi. 

2. Diabetes Melitus Tipe 2

Berbeda dengan tipe 1 yang terjadi mulai anak-anak, diabetes melitus tipe 2 terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia. Jenis diabetes ini terjadi karena adanya resistensi insulin. 

Pada awalnya, kondisi resistensi insulin bisa diatasi oleh tubuh dengan menghasilkan lebih banyak insulin untuk menjaga gula darah normal. Tapi lama-kelamaan, pankreas mengalami kelelahan akibat memproduksi insulin dalam jumlah yang banyak. 

3. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional harus ditangani dengan baik untuk mencegah berbagai komplikasi dalam kehamilan dan menurunkan risiko terjadinya persalinan prematur, bayi yang terlalu besar, atau gula darah yang rendah pada bayi saat lahir. 

4. Diabetes LADA

LADA merupakan singkatan dari latent autoimmune diabetes of adulthood. Secara sederhana, LADA serupa dengan diabetes melitus tipe 1 yang baru muncul saat seseorang sudah dewasa. Umumnya penyakit ini terjadi saat seseorang berusia 30 tahun ke atas. 

5. Diabetes MODY

Kepanjangan MODY adalah maturity onset diabetes of the young. Penyebab dan gejala MODY mirip dengan diabetes melitus tipe 2, namun terdapat dua hal yang membedakannya. 

MODY biasanya merupakan bagian dari penyakit yang diturunkan dari orang tua ke anak, karena kondisi ini biasanya disebabkan oleh mutasi genetik. Oleh karena itu, jika ayah atau ibu mengalami MODY, anak akan memiliki risiko 50% lebih tinggi untuk mengalami penyakit yang sama. 

Baca Juga: Manfaat Sirsak untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Cara penanganan diabetes semua tipe pada dasarnya sama, yaitu sebagai berikut: 

1. Mengatur pola makan dengan memperbanyak konsumsi buah, sayur, protein dari biji-bijian, serta makanan rendah kalori dan lemak.  

2. Mengganti asupan gula dengan pemanis yang lebih aman untuk penderita diabetes. 

3. Pasien dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memilih olahraga dan aktivitas fisik yang sesuai. 

4. Membutuhkan terapi insulin untuk mengatur gula darah sehari-hari.  

5. Dokter dapat merekomendasikan operasi pencangkokan (transplantasi) pankreas.

6. Dokter akan meresepkan obat-obatan, salah satunya adalah metformin, obat minum yang berfungsi untuk menurunkan produksi glukosa dari hati.  

7. Mengontrol gula darahnya secara disiplin melalui pola makan sehat agar gula darah tidak mengalami kenaikan.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News