HOME, Bugar

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Diet Bagi Para Penderita Diabetes

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Diet Bagi Para Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Pasien diabetes yang menjalani diet seringkali kesulitan untuk memilih makanan. Alasannya, takut kadar gula darahnya semakin naik sehingga memparah penyakitnya. Asupan makanan pun jadi sangat terbatas. Padahal, diabetesi (sebutan untuk pasien diabetes) bisa juga menikmati berbagai jenis makanan.

Mengingat menurunkan berat badan bukanlah proses yang instan, tentu perlu usaha, komitmen, konsistensi, serta kesabaran. Namun, untuk pasien diabetes, sekalipun yang mengalami obesitas, sebaiknya tidak sembarangan melakukan diet ekstrem yang bisa menurunkan berat badan dalam waktu cepat. 

Pasalnya, hal ini bisa mengarah pada hipoglikemia atau penurunan kadar gula darah yang drastis dalam tubuh. Kondisi ini berisiko mengancam nyawa. Dalam melaksanakan diet untuk diabetes, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kadar gula darah tetap terkendali, sebagai berikut.

Baca Juga: Penyebab Diabetes Gestasional pada Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

1. Mengatur asupan makanan sesuai kebutuhan kalori

Diabetesi diharapkan bisa mempertahankan pola asupan makanan yang seimbang. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengontrol dan menghitung kalori di setiap porsi makanan. Jumlah asupan makanan saat untuk para diabetesi bisa berbeda-beda.

Perbedaan ini tergantung dari umur, berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, usia, aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari, dan tingginya kadar gula darah seseorang. Untuk menghitung kebutuhan kalori tersebut, biasanya pasien perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi.

2. Mengutamakan makanan bernutrisi

Menjaga kadar gula darah adalah kunci hidup sehat bagi pasien diabetes. Sederhananya, pasien diabetes bisa menyantap berbagai jenis makanan selama masih dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalori harian. 

Di samping itu, Anda tetap perlu mempioritaskan konsumsi makanan untuk diabetes yang lebih bernutrisi, seperti sayur-sayuran, buah, biji-bijian, ikan, daging rendah lemak, dan makanan yang mengandung susu.

3. Menerapkan jadwal makan yang teratur

Pasien diabetes diharapkan juga disiplin dalam menjalani pola makan yang teratur. Artinya, diabetesi perlu makan makanan sesuai jadwalnya setiap hari. Prinsip diabetes ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, terutama pada pasien diabetes yang minum obat penurun gula darah ataupun mejalani terapi insulin.

Saat berkonsultasi dengan spesialis gizi, Anda bisa merencanakan jadwal makan yang disesuaikan dengan aktivitas harian dan pengobatan diabetes yang dijalani.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Perhitungan karbohidrat

Sama halnya dengan perhitungan kalori, metode ini bekerja berdasarkan kebutuhan karbohidrat harian pasien diabetes. Jumlahnya pun bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Perhitungan karbohidrat penting dilakukan karena jenis nutrisi inilah yang akan dipecah menjadi glukosa (gula darah) oleh tubuh. Dengan begitu, kadar gula darah jadi lebih terkendali.

5. Olahraga

Dalam program penurunan berat badan, aktivitas fisik atau olahraga bagi pasien diabetesdianjurkan sebanyak 150 menit per minggu. Lama waktu tersebut bisa dibagi ke dalam 5 hari dengan rata-rata sekitar 30 menit setiap harinya. 

Jika merasa sanggup, durasi olahraga bisa dibagi menjadi 1 jam per hari selama 3 hari dalam satu minggu. Olahraga untuk diabetes yang dianjurkan adalah olahraga aerobik seperti, lari, jogging, berenang, senam, atau bersepeda. 

Setiap pasien diabetes biasanya membutuhkan strategi diet yang berbeda karena perlu disesuaikan dengan kebutuhan kalori dan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut ke dokter atau spesialis gizi dalam merencanakan diet yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Lontar yang Tidak Banyak Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News