HOME, Keluarga

5 Ide Kegiatan Self Care yang Bisa Moms Coba, Sederhana dan Bikin Relaks

5 Ide Kegiatan Self Care yang Bisa Moms Coba, Sederhana dan Bikin Relaks

MOMSMONEY.ID - Peran sebagai ibu tak jarang mendatangkan stres dan kelelahan. Oleh sebab itu, para ibu sangat disarankan untuk meluangkan waktunya guna melakukan self care atau perawatan diri. Sebaliknya, jika Moms mengabaikan diri sendiri, berbagai masalah kesehatan mental maupun fisik pun akan rentan Anda alami.

Tak perlu mahal, self care tetap bisa Anda lakukan kapan saja melalui kegiatan yang sederhana namun terbilang efektif untuk membuat tubuh dan pikiran terasa relaks.

Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 5 ide kegiatan self care yang bisa Moms coba sekarang juga.

Baca Juga: Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

1.Mencari udara segar dengan berjalan-jalan

Jalan-jalan di alam

Dibandingkan terus berdiam diri di dalam ruangan, bergegaslah keluar untuk mencari udara segar tatkala Anda memiliki waktu luang. Meskipun sederhana, namun ide yang satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental Anda sekaligus mendorong Anda untuk aktif secara fisik. Anda bisa berkebun, berolahraga ringan, atau sekadar jalan-jalan dengan anak maupun hewan peliharaan.

Jika anak Anda masih sangat kecil, Anda tetap bisa mengajak mereka untuk berjalan-jalan dengan meletakkannya di stroller atau kursi dorong bayi. Untuk Moms yang bekerja, cobalah untuk berjalan-jalan singkat di area sekitar kantor saat jam istirahat guna menghirup udara segar sembari meregangkan otot.

2. Berendam air hangat

Berendam

Berendam air hangat adalah cara yang sempurna untuk bersantai dan menikmati me time. Apabila kondisi memungkinkan bagi Anda untuk menikmati waktu mandi lebih lama, maka lakukanlah.

Supaya suasana berendam Anda semakin syahdu, Anda bisa menyalakan lilin aromaterapi dan meletakkannya di sekitar bak mandi. Anda juga dapat memasukkan bahan-bahan alami atau produk mandi tambahan yang sekiranya bisa melengkapi prosesi berendam Anda seperti kelopak bunga, susu, atau bath bomb warna-warni.

3. Membaca buku

Membaca Buku

Termasuk cara yang bagus untuk bersantai, membaca akan memberikan Anda waktu untuk duduk tenang dan beristirahat. Dengan membaca, Anda juga memiliki kesempatan untuk melarikan diri dari dunia nyata ke dunia imajinasi walau sebentar. Bukankah menyenangkan ketika Anda bisa sejenak melupakan urusan di dunia nyata yang begitu memusingkan dan melelahkan?

Nah, jika Anda kesulitan untuk menemukan waktu membaca di siang hari, maka Anda bisa mengganti jadwalnya menjadi malam hari sebagai pengantar tidur.

4. Meditasi

Meditasi

Salah satu cara paling populer untuk self care adalah meditasi. Meski pada awalnya akan terasa sedikit sulit mengingat Anda belum terbiasa, namun seiring berjalannya waktu Anda akan benar-benar merasakan manfaatnya. Jika Anda sabar dan konsisten melakukannya, meditasi akan membantu Anda untuk menjernihkan pikiran dari hal-hal duniawi yang mengganggu.

Untuk membantu Anda memulai meditasi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi meditasi atau menonton panduan meditasi di YouTube. Setelah itu, cobalah untuk mempraktikkannya selama beberapa menit di area rumah Anda.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik yang membangkitkan dan inspirasional adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengembalikan semangat dan memotivasi Anda untuk menjadi lebih baik lagi.

Anda bisa melakukan kegiatan ini sembari berendam air hangat atau berolahraga. Selain lagu-lagu dari musisi favorit, podcast yang menenangkan dan edukatif juga menarik lho untuk Anda masukkan ke playlist harian. Beberapa podcast yang patut Anda dengarkan untuk self care antara lain On Marissa's Mind, Menjadi Manusia, dan Suara Puan.

Moms, dari kelima ide kegiatan self care di atas, manakah yang menjadi favorit Anda dan tidak sabar untuk Anda lakukan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News