HOME, Keluarga

Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

MOMSMONEY.ID - Apakah Moms punya kebiasaan membiarkan spons cuci piring masih berbusa? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan tersebut, karena akan menimbulkan spons dipenuhi bakteri hingga munculnya bau.

Baca Juga: Punya Wajan yang Menghitam? Simak 3 Cara Bersihkan Wajan dari Kerak yang Sulit Hilang

Menurut penelitian Scientific Reports yang dilansir dari Family Handy Man, menunjukkan bahwa terdapat 362 jenis bakteri yang berbeda yang tinggal dalam spons cuci piring yang tidak dibilas dengan bersih.

“Kepadatan bakteri mencapai 45 miliar/cm2”, kata Markus Egert, seorang ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman.

Yang lebih mengerikan lagi adalah fakta bahwa ada bagian-bagian pada spons yang tingkat bakterinya setara dengan tingkat bakteri pada toilet!

Hal ini tentunya dapat terjadi apabla Moms punya kebiasaan meninggalkan spons cuci piring dalam kondisi masih berbusa dan tidak bersih.

Bakteri akan berkumpul pada titik-titik tertentu pada spons yang nantinya akan menyebabkan munculnya bau tidak enak pada spons.

Baca Juga: Dispenser Jarang Dibersihkan? Yuk, Bersihkan Dispenser Sendiri di Rumah!

Lantas, bagaimana caranya agar spons cuci piring bersih, tidak berbau tak sedap, dan tentu tidak ada bakteri di dalamnya?

Caranya adalah dengan rutin membersihkan spons cuci piring hingga benar-benar bersih tak ada busa. Moms juga bisa melakukan cara lain untuk menghilangkan bau pada spons cuci piring, loh!

Cara menghilangkan bau pada spons cuci piring bisa dilakukan dengan merendamnya dalam cairan pemutih.

Baca Juga: Oven Listrik Anda Kotor? Begini Cara Membersihkannya

Merangkum dari Sunlight dan Family Handy Man, berikut beberapa tahap merendam spons cuci piring dalam pemutih agar bau tak sedap dan bakteri dapat menghilang:

  1. Cuci spons cuci piring hingga berbusa
  2. Bilas hingga benar-benar bersih dan tidak ada busa
  3. Rendam spons cuci piring dalam air panas dan beri larutan ¾ cangkir pemutih.
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bila sudah, bersihkan spons hingga larutan pemutih hilang

Cara tersebut dapat secara efektif menghilangkan bau pada spons cuci piringmu.

Baca Juga: Langkah yang Bisa Dilakukan Saat Saluran Cuci Piring Mampet

Bagian terpenting dalam merawat spons cuci piring agar tidak menimbulkan bau tak sedap adalah dengan rutin membersihkan spons cuci piring setiap kali selesai mencuci piring.

Biasakan untuk membilas spons cuci piring hingga busa dalam spons benar-benar hilang. Jangan lupa untuk memeras spons hingga tak ada air yang masih tertinggal dalam spons tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News