HOME, Keluarga

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Burung

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Burung

MOMSMONEY.ID - Dibandingkan hewan peliharaan lainnya, seseorang bisa sangat tertarik dengan burung. Burung umumnya cukup mudah dirawat, tetapi burung tetap membutuhkan perawatan yang khusus untuk hidup bahagia dan sehat.

Meskipun Anda mungkin berpikir telah siap, beberapa spesies burung memiliki hal-hal khusus untuk diperhatikan sebelum Anda membawanya pulang. Oleh karena itu, mempelajari banyak hal sebelum merawatnya sangat penting untuk dilakukan. Terutama bagi Anda yang merupakan seorang pemula.

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memelihara burung.

Baca Juga: Sebelum Mengatasinya, Ketahui Kemungkinan Penyebab Kucing Muntah Darah

1. Lebih banyak pekerjaan merawat

Merawat burung mungkin tampaknya cukup mudah, tetapi beberapa burung membutuhkan banyak perhatian dan pekerjaan merawat, terutama bagi burung yang lebih besar. Anda perlu mengetahui kebutuhan sangkarnya, makanan, minuman, cemilan, masalah kesehatan, dan hal lain tentang perawatannya. Beberapa spesies juga membutuhkan banyak perhatian pemiliknya. Jika tidak, mereka akan menjadi stres.

Memelihara burung membutuhkan komitmen selain kerja keras, karena burung dapat hidup lama. Umumnya, burung peliharaan bisa hidup hingga puluhan tahun, yakni 60 tahun-70 tahun.

2. Memilih spesies yang akan dipelihara

Memilih spesies yang akan dipelihara harus dipertimbangkan dengan baik, karena memiliki hewan peliharaan perlu disesuaikan dengan gaya hidup Anda. Pemula yang tidak memiliki banyak waktu untuk merawat burung, harus mempertimbangkan spesies seperti kenari atau kutilang.

Namun, bila Anda memiliki sedikit lebih banyak waktu, dapat mempertimbangkan parkit atau cockatiel. Anda perlu mencari tahu lebih banyak perawatan untuk masing-masing spesies yang ingin dipelihara.

Baca Juga: Ini 10 Kemungkinan Penyebab Kucing Peliharaan Muntah Busa Putih

3. Mengetahui semua bahaya dalam rumah tangga

Sama seperti hendak memelihara hewan peliharaan lainnya, memelihara burung juga perlu mempertimbangkan kondisi di rumah Anda. Sebab, ada hal-hal di sekitar rumah yang dianggap berbahaya bagi burung. Contohnya seperti, peralatan memasak, lilin aroma, dan pewangi ruangan. Ini karena burung memiliki sistem pernapasan yang sangat halus.

Jika Anda seorang perokok, seekor burung mungkin tidak akan cocok dengan Anda. Selain itu, beberapa tanaman mungkin aman, tetapi lainnya bisa berakibat fatal bila sampai dikonsumsi burung.

4. Mempelajari pelatihan

Anda mungkin ingin melatih burung peliharaan. Pelatihan ini dapat membantu memperkuat ikatan dengan burung peliharaan, seperti beo atau burung kakak tua. Mengajarkannya beberapa perintah juga dapat membuat penanganan burung menjadi lebih mudah. Jadi, belajarlah mulai dari sekarang untuk memberinya pelatihan.

5. Menjaga kesehatan Anda dan burung peliharaan

Bagaimana pun ada kondisi kesehatan yang perlu dijaga antara Anda dan burung peliharaan. Setiap kali ingin menanganinya dan usai menanganinya Anda perlu mencuci tangan. Ini adalah langkah termudah untuk menghindari infeksi bakteri dan risiko penyakit lainnya yang dapat ditularkan, baik dari Anda maupun dari burung peliharaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News