Bugar

5 Gejala Sakit Kulit yang Diakibatkan Serangga Kamitetep

5 Gejala Sakit Kulit yang Diakibatkan Serangga Kamitetep

MOMSMONEY.ID - Kamitetep adalah serangga yang memiliki bulu. Paparan bulu kami tetep menyebabkan beberapa gejala pada kulit, seperti gatal dan kemerahan.

Kamitetep berbentuk larva dan bisa muncul pada ruangan di rumah yang jarang dibersihkan serta memiliki suhu ruangan yang lembap.

Ada beberapa lokasi tempat mereka paling sering ditemukan, seperti di bawah kasur, di sudut ruangan yang jarang dibersihkan, hingga gudang.

Bulunya dapat menyebabkan berbagai masalah gangguan kesehatan pada kulit manusia. Dilansir dari Skin Health, ada beberapa gejala di kulit yang perlu Anda waspadai, seperti:

Baca Juga: Kenali Gejala Penyakit Batu Empedu, Salah Satunya Sering Nyeri Bahu Sebelah Kanan

1. Kemerahan yang melebar.

2. Gatal pada area kulit yang mengalami kemerahan.

3. Pembengkakan pada kulit yang gatal.

4. Iritasi atau nyeri pada kulit.

Itulah beberapa gejala yang dialami akibat paparan serangga kamitetep. Biasanya kondisi ini akan dirasakan ringan oleh pengidapnya.

Namun, sebaiknya tetap waspada terhadap kondisi kesehatan yang Anda alami. Serangga ini juga bisa memicu alergi pada seseorang yang memiliki riwayat alergi debu atau bulu hewan.

Kondisi ini dapat membuat pengidap alergi mengalami gejala yang cukup parah, seperti kesulitan bernapas hingga pembengkakan pada area mata dan mulut.

Pada beberapa kasus, gigitan serangga ini dapat menimbulkan lesi sekunder seperti bekas luka yang terasa nyeri, gatal, dan mengeluarkan air, yang mana dapat berisiko timbulnya infeksi.

Baca Juga: 5 Manfaat Toge untuk Tubuh, Selain untuk Mengingkatkan Kesuburan Pria

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, seperti mengompres hangat bagian luka yang nyeri, menghindari menggaruk bagian luka, dan menjaga agar luka kering dan tidak lembab, serta menjaga kebersihan lingkungan setempat.

Segera lakukan pemeriksaan di rumah sakit jika alergi yang Anda alami menyebabkan gejala yang cukup parah. Kondisi ini memerlukan penanganan secara medis agar kesehatan dapat lekas membaik. 

Karena merupakan hama dalam ruangan, membasmi kamitetep bisa dimulai dengan membersihkan rumah secara menyeluruh. Ini terutama pada bagian rumah yang lembap, seperti kamar mandi, lemari, dan tempat tidur.

Anda juga bisa menyebarkan kamper pada lemari atau menggunakan pestisida untuk mengendalikan perkembangbiakan serangga ini di dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News