Bugar

5 Manfaat Toge untuk Tubuh, Selain untuk Mengingkatkan Kesuburan Pria

5 Manfaat Toge untuk Tubuh, Selain untuk Mengingkatkan Kesuburan Pria

MOMSMONEY.ID - Toge merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna.

Sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan kesuburan pria. 

Kandungan beta karoten 100 gram toge juga dapat mencapai 41 mkg, vitamin C sebanyak 5 mg, dan vitamin E sebanyak 0,5 mg. Selain itu, 100 gram toge juga mengandung 133 mg kalsium dan 100 gram kalium. 

Berbagai vitamin dan mineral dalam toge membuat sayuran ini dapat menjadi salah satu makanan tambahan untuk melengkapi gizi harian Anda.

Agar kesehatan organ reproduksi pria terjaga, pria disarankan mengonsumsi toge. Namun bukan hanya kesehatan reproduksi pria, toge juga punya banyak manfaat lainnya untuk tubuh. 

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! 5 Jenis Hormon Reproduksi yang Dimiliki Perempuan

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini beberapa manfaat toge yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain: 

Memelihara kesehatan mata

Folat atau vitamin B9 merupakan nutrisi penting yang terdapat di dalam toge. Dari nutrisi ini, toge bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mata. 

Sebuah pengujian menemukan bila folat beserta vitamin B6 dan B12 dapat membantu meminimalkan berkurangnya fungsi makula mata atau yang lebih dikenal dengan penyakit AMD (age-related macular degeneration), dikutip Healthline. 

Meminimalisir risiko kanker penis 

Penyakit kanker pada pria yang juga kemungkinan dapat diminimalisir risikonya berkat "bantuan" antioksidan pada toge adalah kanker penis. Kanker penis memang termasuk penyakit yang jarang terjadi. 

Namun, Anda juga tetap harus waspada dan antisipatif terhadap penyakit reproduksi pria yang satu ini.  

Baca Juga: Varises Menggangu? Kenali Penyebab dan Cara Pencegahannya

Meningkatkan metabolisme

Toge mengandung enzim yang sangat berguna dalam proses metabolisme tubuh. Toge ini juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi kimia dalam tubuh dengan lebih optimal.  

Toge juga sangat dianjurkan untuk vegetarian karena dapat menjadi sumber alternatif protein yang umumnya terdapat di dalam daging.  

Membantu mencegah kebotakan

Manfaat lain dari toge adalah membantu mencegah kebotakan. Vitamin A bekerja dengan cara merangsang folikel rambut hingga mampu menumbuhkan rambut secara cepat.

Seperti diketahui, kebotakan pada rambut salah satunya disebabkan oleh kekurangan vitamin A.  

Mengurangi risiko jantung koroner

Vitamin K punya peran krusial dalam mencegah penyumbatan darah, salah satu pemicu terjadinya penyakit jantung koroner. 

Manfaat toge berikutnya adalah memastikan asupan vitamin K tercukupi sehingga tidak ada celah penumpukan kalsium di dalam tubuh yang mana hal ini bisa berdmapak negatif bagi kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News