Santai

5 FIlm Indonesia Ini Angkat Isu Kesehatan Mental, Ada Kukira Kau Rumah

5 FIlm Indonesia Ini Angkat Isu Kesehatan Mental, Ada Kukira Kau Rumah

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa film Indonesia yang mengangkat isu kesehatan mental, simak daftarnya berikut ini.

Isu kesehatan mental menjadi isu yang banyak dibicarakan saat ini. Baik dari kalangan remaja maupun dewasa, hampir semua tertarik mendalami kesehatan mental.

Sejumlah judul film Indonesia bahkan secara spesifik mengangkat tema tentang kesehatan mental dalam ceritanya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Baca Juga: Daftar 5 Drakor Choi Si Won, Tak Hanya Love Is For Suckers

I am Hope

Seorang wanita bernama Mia memiliki keinginan kuat untuk membuat pertunjukan teater. Namun, harapannya hilang ketika ia divonis menderita kanker, penyakit yang pernah juga merenggut nyawa sang ibu.

Kini, ia harus berjuang melawan trauma yang menjadi salah satu isu kesehatan mental dalam dirinya. Di samping perasaan bahwa kejadian yang menimpa sang ibu, ayah, dan keluarganya akan terulang kembali.

27 Steps of May

Film Indonesia pun ada juga yang membahas tentang isu suicide atau bunuh diri. 27 Steps of May menceritakan tentang luka dan trauma korban kekerasan seksual yang membuatnya kerap memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Untung saja, ia memiliki bantuan dan dukungan dari orang terdekatnya yang membuatnya perlahan pulih dan berani keluar dari ruang isolasinya.

Baca Juga: Butuh Semangat Olahraga? Coba Tonton 6 Rekomendasi Drakor Olahraga Ini

Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah merupakan film debut Umay Shahab menjadi sutradara. Film ini dibintangi Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, dan Raim Laode.

Menceritakan tentang perjuangan dua orang yang saling mencintai namun tanpa diketahui, sang wanita malah mengidap penyakit bipolar dan keduanya harus berjuang melawan takdir dan keinginan mereka.

Posesif

Posesif adalah film Indonesia yang mengisahkan cinta remaja yang terjadi di sekolah antara Lala dan Yudhis. Keduanya saling suka dan akhirnya berpacaran. Namun, Yudhis berubah menjadi seorang yang berbeda.

Yudhis mulai mengatur segala aspek kehidupan Lala secara posesif. Walaupun selalu dikekang dengan alasan sangat mencintai Lala, ia merasa tak bisa lepas dari hubungannya bersama Yudhis.

Hal tersebutlah yang membuat hubungan toxic dan tidak sehat ini merusak hubungan mereka.

Dear Nathan: Thank You Salma

Film yang dibintangi Jefri Nichol yang tayang pada Januari 2022 ini juga mengangkat isu tentang kesehatan mental, yaitu trauma. Kisahnya bercerita tentang isu krusial yang terjadi di kampus Nathan dan Salma.

Teman sekelas mereka ada yang menjadi korban pelecehan seksual dan kini mereka berusaha untuk menjebloskan pelaku ke dalam penjara sembari mengobati trauma sang korban.

Banyak mengangkat tema tentang kesehatan mental, film-film Indonesia tersebut bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News