Santai

5 Faktor Penyebab Munculnya Mata Panda! Nomor 4 Paling Sering!

5 Faktor Penyebab Munculnya Mata Panda! Nomor 4 Paling Sering!

MOMSMONEY.ID - Tampilan mata panda yang hitam tentunya bisa mengganggu penampilan dan menjadi tanda buruknya kesehatan dalam tubuh.

Masalah mata panda umum terjadi pada pria dan wanita yang juga merasa ingin menghilangkan mata panda.
 
Namun, untuk menghilangkan mata panda perlu diketahui penyebabnya, agar bisa diatasi dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa faktor penyebab munculnya mata panda yang umum terjadi.
 
 
Genetik
 
Faktor pertama yang menjadi penyebab munculnya mata panda adalah karena faktor genetik. Melansir dari laman Medical News Today, keluarga yang memiliki riwayat tampilan mata panda akan memiliki risiko mewarisi tampilan tersebut.
 
Selain itu, orang-orang dengan warna kulit lebih gelap juga berisiko memiliki tampilan mata panda dibanding dengan orang-orang yang memiliki kulit terang. Hal tersebut disebabkan karena adanya perubahan pada pigmentasi kulit.
 
Bertambah tua
 
Selain karena genetik, faktor lainnya yang bisa menyebabkan muncul mata panda adalah karena bertambahnya usia atau bertambah tua. Berkurangnya jaringan lemak dan menipisnya kulit di area mata adalah penyebab utamanya.
 
Seiring dengan bertambahnya usia maka hal tersebut bisa terjadi dan membuat tampilan mata panda menjadi makin terlihat. Mata panda yang terjadi karena penyebab ini bisa diatasi dengan treatment derma filler yang hanya bisa dilakukan oleh ahli kecantikan.
 
Dehidrasi
 
Siapa yang sangka bahwa dehidrasi juga bisa menjadi satu faktor penyebab munculnya mata panda. Laman Health Line menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan kulit di area mata juga kehilangan elastisitanya.
 
Akhirnya mata akan terlihat lelah dan cekung yang berakibat menimbulkan tampilan mata panda. Maka dari itu cobalah untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup agar terhindar dari dehidrasi penyebab mata panda.
 

Baca Juga: Tak Hanya Baik bagi Kesehatan, Ini 4 Manfaat Ayurveda Buat Kesehatan Kulit!

 
Mata lelah
 
Mata yang lelah dan kurang tidur juga menjadi penyebab umum yang memicu timbulnya mata panda. Mata yang terus-terusan bekerja tanpa istirahat pun juga bisa memicu timbulnya mata panda.
 
Maka dari itu cobalah untuk memberikan jeda atau istirahat yang cukup bagi mata. Sebaiknya juga mulailah untuk mengatur jam tidur yang teratur dan menghindari begadang agar bisa terhindar dari timbulnya mata panda.
 
Kondisi medis
 
Penyebab mata panda juga bisa disebabkan karena adanya kondisi medis yang mempengaruhinya. Ada beberapa kondisi medis dan kesehatan yang mempengaruhi timbulnya mata panda.
 
Laman Byrdie menyebutkan bahwa kondisi kesehatan seperti anemia, alergi, kurang nutrisi, kurang vitamin, dan kondisi gangguan metabolisme menjadi pemicu munculnya mata panda pada area mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News