HOME, Keluarga

5 Fakta Menarik Tentang Kucing Himalaya

 5 Fakta Menarik Tentang Kucing Himalaya

MOMSMONEY.ID - Kucing himalaya adalah salah satu ras kucing yang populer dengan karakterisitiknya yang menawan. Secara umum, mereka adalah kucing yang tenang, suka dibelai, dan mudah beradaptasi. Mereka juga biasa dikenal dengan sebutan “Himmie”. Bila Anda tertarik untuk mengenal satu ras ini, berikut beberapa fakta menarik tentang kucing himalaya dilansir dari Rover.

Namanya Bukan Diambil dari Asalnya

Mengetahui namanya, ini mengingatkan Anda dengan pegunungan himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi di dunia. Namun, kucing himalaya bukan berasal dari sana lo, Moms! Ras ini mendapatkan namanya dari kelinci Himalaya yang memiliki kemiripan yang mencolok. Kedua hewan ini juga memiliki titik warna yang mirip, yakni titik gelap di sekitar wajah, kepala, dan kaki mereka.

Baca Juga: Apakah Kucing dan Anjing Bisa Membedakan Warna?

Kucing Himalaya adalah Ras Campuran

Mungkin tidak banyak orang yang menyadari bahwa kucing himalaya adalah ras kucing campuran. Pada tahun 1920-1930-an, para peternak Amerika mengawinkan kucing Persia dengan kucing siam. Dari kelahirannya ini, baru pada tahun 1957, peternak Amerika Margareth Goforth menamai ras tersebut sebagai himalaya. Di tahun yang sama, kucing himalaya juga diakui secara resmi oleh Cat Fanciers Association.

Warna Bulunya Ditentukan oleh Suhu Tubuh

Dilansir dari Kittentoob, penelitian telah menunjukkan bahwa suhu dan produksi enzim berpengaruh pada penunjuk warna kucing serta genetika. Melanin menyebabkan pigmentasi pada kulit dan bulu. Seiring dengan suhu tubuh dan suhu lingkungan, pigmentasi terjadi di bagian tubuh yang lebih tinggi.

Inilah yang menjelaskan warna gelap yang memanjang dari tubuh kucing himalaya ke telinga, cakar, dan ekornya. Oleh karena itu, kucing himalaya yang tinggal di iklim yang lebih dingin akan memiliki titik warna gelap lebih banyak daripada kucing himalaya yang tinggal di iklim hangat. Warna putih di bulunya juga menunjukkan bahwa itu adalah bagian tubuhnya yang lebih hangat.

Baca Juga: Ini 10 Kemungkinan Penyebab Kucing Peliharaan Muntah Busa Putih

Kucing Himalaya Sering Muncul dalam Film dan Acara Televisi

Rupanya kepopuleran kucing himalaya telah membawa ras ini masuk ke dalam film dan acara televisi. Salah satunya muncul sebagai karakter Sassy di film “Homeward Bound” tahun 1990-an yang disuarakan oleh Sally Field. Ada juga karakter Mr. Jinx dalam trilogy “Meet the Parents”. Seekor kucing himalaya juga muncul dalam karakter kartun “Heathcliff” 1984 dan beberapa dekade kemudian di serial “iCarly” Nickelodeon.

Bahkan, dalam film “Harry Potter” kucing himalaya berwarna jahe juga hadir sebagai Crookshanks, kucing cerdas milik Hermione Granger. Selebriti Martha Stewart juga memiliki beberapa kucing himalaya yang semuanya diberi nama-nama komponis terkenal, seperti Beethoven dan Mozart. Kucing-kucing itu ditampilkan dengan bangga di acara televisi.

Bukan Termasuk Ras Kucing yang Aktif

Umumnya, kucing memiliki tingkah yang aktif dan suka bermain-main. Namun, kebanyakan kucing himalaya tidak. Mereka adalah kucing yang memiliki kebutuhan olahraga yang rendah, sehingga mereka lebih suka menjadi kucing rumahan yang santai. Oleh karena itu, diet sangat penting untuk mencegah kenaikan berat badan. Kucing himalaya juga tetap membutuhkan aktivitas rutin harian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News