Santai

5 Efek Jangka Panjang Trauma, Ada Sering Melamun Juga

5 Efek Jangka Panjang Trauma, Ada Sering Melamun Juga

MOMSMONEY.ID - Memiliki pengaruh jangka panjang, inilah beberapa dampak panjang trauma yang dirasakan penderitanya.

Mengalami kejadian traumatis tentunya membuat seseorang menjadi trauma terhadap situasi yang sama jika terulang kembali.

Pengaruh atau dampak trauma pada seseorang ternyata tak hanya terjadi pada saat itu saja. Namun, ada juga beberapa dampak panjang trauma yang mungkin dirasakan penderitanya.

Baca Juga: Ingin Stop Jadi People Pleaser? Coba Terapkan 5 Cara Ini Saja

Berikut adalah beberapa dampak panjang trauma yang mungkin dirasakan penderitanya.

Anxiety

Anxiety atau keresahan adalah dampak yang mungkin dirasakan seseorang dengan trauma. Tingkat keresahan yang tinggi biasanya muncul dan didapatkan setelah seseorang mengalami kejadian traumatis.

Dampak ini pun juga bisa mempengaruhi seseorang dalam melakukan fungsi sehari-hari yang membuat orang tersebut terperangkap dalam situasi fight or flight.

Mengalami flashback

Mengalami kejadian flashback atau kembali mengingat suatu kejadian atau situasi juga bisa disebut sebagai dampak dari trauma.

Melansir dari laman Institute of Advanced Psychiatry, tak hanya mengingat kejadian secara sekelebat, tapi flashback karena trauma juga bisa membuat penderitanya merasakan emosi yang sama dari situasi yang telah terjadi tersebut.

Bahkan, membuat penderitanya mengalami kesulitan hingga mimpi buruk.

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Batasan Sehat Ini, Coba Mulai Terapkan Yuk

Gangguan kesehatan

Masalah lain yang mungkin timbul akibat trauma jangka panjang adalah gangguan kesehatan. Beberapa orang dengan trauma akan lebih mudah mengalami anxiety atau keresahan, stres, hingga depresi.

Tentu saja, hal-hal tersebut memiliki pengaruh bagi kesehatan yang membuat beberapa peradangan di area tubuh. Akhirnya, permasalahan kesehatan seperti masalah jantung hingga kekebalan tubuh bisa ikut terganggu.

Perubahan tingkah laku

Dampak jangka panjang trauma juga bisa terlihat dari adanya perubahan tingkah laku pada penderitanya.

Mengutip dari laman Mind, perubahan tingkah laku seperti menjauhkan diri dari lingkungan, sering melamun, dan merasa rendah diri adalah beberapa dampak jangka panjang dari trauma. Hal tersebut dianggap dan dilakukan sebagai cara untuk menghadapi stres berlebihan akibat trauma.

Gangguan tidur

Akibat lainnya juga yang disebabkan karena trauma adalah gangguan tidur. Orang yang mengalami trauma dalam jangka panjang rentan mengalami gangguan tidur. Kesulitan tidur di malam hari atau bahkan kebanyakan tidur adalah tanda dari orang yang mengalami trauma.

Susah tidur disebabkan karena perasaan terlalu cemas dan ketakutan mendapatkan mimpi buruk atau flashback. Sedangkan terlalu banyak tidur digunakan sebagai cara untuk “kabur” dari situasi yang dirasa traumatis.

Dari kesehatan tubuh hingga mental, itulah tadi beberapa akibat atau dampak panjang trauma yang mungkin dirasakan penderitanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News