HOME, Keluarga

5 Cara Sederhana untuk Membuat Bayi Kecil Anda Merasa Nyaman dan Bahagia

5 Cara Sederhana untuk Membuat Bayi Kecil Anda Merasa Nyaman dan Bahagia

MOMSMONEY.ID - Jika Anda menganggap bahwa bayi hanya membutuhkan makan, tidur, dan buang air besar, maka itu salah besar. Sama seperti orang dewasa, bayi juga membutuhkan hal-hal yang dapat membuatnya senantiasa merasa nyaman dan tentunya bahagia.

Saat Anda baru saja melahirkan seorang bayi mungil nan menggemaskan terutama jika pengalaman ini adalah pertama kalinya bagi Anda, maka Anda harus pintar-pintar mencari tahu hal apa saja yang sekiranya mampu meningkatkan suasana hati bayi Anda. Hal ini berguna untuk perkembangan mereka sekaligus meminimalkan stres yang mungkin saja Anda rasakan akibat bayi yang sulit ditangani.

Tergolong sederhana, inilah 5 cara yang bisa Anda terapkan untuk membantu membuat bayi kecil Anda merasa nyaman dan bahagia sebagaimana dilansir dari Firstcry Parenting.

Baca Juga: 5 Tips Penggunaan Skincare untuk Ibu Hamil

1. Perkuat bonding

Yang dibutuhkan si kecil di masa-masa awal kelahirannya adalah perasaan aman dan dicintai. Selain makan dan tidur, kontak secara langsung seperti bersentuhan, berbicara, berpelukan, dan kontak mata juga mampu membuat bayi merasa aman sekaligus dapat memperkuat ikatan antara Anda dan mereka.

Supaya bayi Anda semakin bahagia, Anda bisa melakukan kontak skin to skin dengan cara menggendong bayi dan mendekatkannya pada dada telanjang Anda untuk waktu yang lama. Atau, Anda bisa memijat bayi Anda setiap hari guna melemaskan otot kecilnya dan memberikan pengalaman yang nyaman bagi mereka. Saat bayi Anda tersenyum, tertawa, atau bersuara selama Anda melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, itu artinya bayi Anda benar-benar merasa bahagia.

2. Kembangkan trik yang menenangkan

Setiap bayi tentu memiliki perbedaan. Oleh sebab itu, apa yang mampu menenangkan seorang bayi mungkin tidak akan berhasil untuk diterapkan pada bayi lainnya.

Sebagai orang tua, Anda diharuskan untuk melakukan trial and error supaya Anda dapat menemukan cara terbaik untuk menenangkan si kecil ketika mereka menangis entah itu dengan menyanyikan lagu favoritnya, mengayun-ayunkan tubuhnya, atau membelai punggungnya dengan lembut.

Setelah Anda berhasil menemukan cara yang bekerja pada bayi Anda, menenangkan bayi pun menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

3. Jalan-jalan ke luar rumah

Polusi dan debu di luar rumah mungkin tampak berbahaya bagi bayi Anda. Namun, jangan lantas hal tersebut menahan Anda untuk mengajak mereka berjalan-jalan ke luar rumah. Bayi tetap disarankan untuk diajak berkegiatan outdoor guna mendapatkan udara segar dan sinar matahari.

Perubahan lingkungan akan sangat membantu meningkatkan suasana hati bayi dan memperkenalkan mereka ke dunia luar. Selain itu, sinar matahari yang kaya vitamin D juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan perkembangan tulang mereka. Jadi, bawalah bayi Anda untuk berjalan-jalan ke luar rumah sesekali ya Moms.

4. Batasi pengunjung

Momen pasca-melahirkan tentu akan dengan mudah memancing kedatangan orang lain untuk melihat kondisi Anda dan si kecil. Meskipun terasa menyenangkan melihat banyak orang yang perhatian dengan bayi Anda, namun terlalu banyak pengunjung juga dapat memicu kelelahan pada diri Anda sekaligus membuat bayi merasa kurang nyaman.

Belum lagi, risiko penularan kuman akan semakin meningkat saat Anda membiarkan terlalu banyak orang melakukan kontak dengan bayi Anda. Jadi, pastikan Anda membatasi jumlah pengunjung dan jangan ragu untuk mengatakan tidak saat ada rombongan yang melebihi kapasitas hendak mengunjungi Anda. Atau, Anda bisa meminta bantuan kepada keluarga Anda untuk memberi tahu kepada orang yang hendak berkunjung bahwa Anda tidak bersedia untuk dikunjungi apabila sudah banyak orang di rumah, bayi sedang tidur, atau Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat.

5. Biarkan bayi tidur tanpa gangguan

Kehadiran bayi mungil di dalam kehidupan Anda memang akan terasa menggembirakan bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda bukan? Akan tetapi, sekuat apapun keinginan Anda untuk memeluk atau menyentuh gemas bayi Anda, pastikan Anda berusaha ekstra untuk menahannya saat bayi Anda sedang tidur. Saat Anda memaksa untuk memeluk atau menyentuh bayi secara berlebihan ketika mereka sedang tidur, itu akan membuat bayi merasa terganggu dan tidak bahagia.

Alih-alih melakukannya, ciptakanlah lingkungan tidur yang menenangkan untuk bayi Anda dan biarkan mereka tidur dengan nyaman tanpa gangguan. Intinya, singkirkan stimulan apapun yang dapat membangunkan bayi secara tiba-tiba. Biarkan bayi Anda bangun dengan sendirinya dan suasana hati mereka pun akan gembira saat mereka terbangun dari tidurnya dengan keinginan sendiri.

Sekali pun popok mereka penuh, usahakan untuk tidak menggantinya saat mata bayi masih terpejam. Sebagai solusinya, ganti popok bayi Anda saat mereka sudah bangun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News