HOME, Keluarga

5 Tips Penggunaan Skincare untuk Ibu Hamil

5 Tips Penggunaan Skincare untuk Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Saat masa kehamilan berlangsung, bukan berarti Anda melewatkan perawatan diri. Sama halnya dengan wanita yang tidak sedang hamil, ibu hamil sangat disarankan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.

Kendati begitu, perawatan kulit bagi ibu hamil tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa bahan skincare yang harus dihindari para ibu hamil karena berisiko membahayakan diri dan bayi dalam kandungan.

Supaya Anda tidak salah langkah saat merawat kulit ketika hamil, inilah 5 tips skincare khusus ibu hamil yang bisa Anda praktikkan, sebagaimana dilansir dari The Fox & She.

Baca Juga: Pahami 4 Efek Samping Penggunaan Obat Kumur!

1. Hindari obat jerawat

Di pasaran, banyak resep obat jerawat yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Beberapa ahli kecantikan menyarankan para ibu hamil untuk menghindari penggunaan salicylic acid secara berlebihan yang mana bahan ini identik dengan perawatan jerawat.

Bahkan, beberapa obat jerawat dapat menyebabkan cacat lahir. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakan obat-obatan jerawat selama masa kehamilan.

2. Hindari retinol

Salah satu bahan skincare yang wajib dihindari oleh para ibu hamil adalah retinol. Memiliki jumlah vitamin A yang lebih tinggi, retinol dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

Dikutip dari Hello Sehat, penggunaan skincare dengan kandungan retinol pada ibu hamil dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, gangguan sistem saraf, dan keracunan vitamin A baik pada ibu maupun bayi.

Sebagai gantinya, Moms dapat mengganti skincare retinol dengan skincare vitamin C. Skincare vitamin C juga mengandung antioksidan yang tinggi untuk membantu menghambat proses penuaan dini pada kulit sama halnya dengan retinol.

3. Hindari bahan-bahan beracun

Tak hanya harus dihindari oleh ibu hamil, bahan-bahan skincare yang beracun atau berbahaya juga patut dihindari oleh wanita yang sedang tidak hamil. Jika kulit terus-menerus terpapar bahan berbahaya, bahan itu dapat terserap ke bagian tubuh lainnya dan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan.

Beberapa bahan-bahan skincare yang tergolong beracun bagi ibu hamil adalah sebagai berikut:

  • Paraben: sering dijumpai dalam produk face cleanser, body wash, body lotion, foundation, dan shampoo.
  • Pthalates: sering dijumpai dalam produk deodoran, lotion, pewangi, dan hair spray
  • Fragrance: sering dijumpai dalam produk moisturizer, hand cream, dan produk rambut
  • Sodium Lauryl Sulfate (SLS): sering dijumpai dalam produk shampoo, body wash, dan bubble bath
  • BHT: sering dijumpai dalam produk lipstick, moisturizer, diaper cream, dan berbagai produk kosmetik lainnya
  • Retinol: sering dijumpai dalam produk moisturizer dan skincare anti-aging
  • Lead: sering dijumpai dalam produk lipstick, lip gloss, dan lip balm
  • Formaldehyde: sering dijumpai dalam produk shampoo, body wash, dan bubble bath

4. Hindari paparan sinar matahari berlebih

Kehamilan dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Akibatnya, kulit akan rentan mengalami ruam dan benjolan jika terlalu banyak menerima paparan sinar matahari.

Jadi, pastikan Anda berjemur secukupnya dan ingat untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 25. Jika harus berkegiatan outdoor, selalu ingat untuk mengaplikasikan ulang sunscreen andalan Anda setiap 2 jam sekali ya, Moms.

5. Selalu hidrasi kulit 

Kulit kerap menjadi sangat kering selama masa kehamilan. Hal ini karena hormon kehamilan dan cenderung akan kembali normal setelah melahirkan. Untuk mengatasi permasalahan kulit ini, disarankan untuk meningkatkan asupan air harian guna menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pastikan untuk segera melembabkan kulit Anda setelah mandi dengan menggunakan moisturizer dan body lotion guna mengunci kelembaban pada kulit. Khusus pembersihan wajah, pilihlah produk cleanser yang lembut supaya minyak alami kulit Anda tidak hilang secara berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News