Bugar

5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat, Ibu Hamil Wajib Tahu

5 Cara Menjaga Kehamilan Muda Tetap Sehat, Ibu Hamil Wajib Tahu

MOMSMONEY.ID - Cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang bisa ibu hamil lakukan sangat beragam. 

Pasalnya, saat hamil muda, ibu hamil kerap mengalami berbagai keluhan karena tubuh menyesuaikan dengan perubahan hormon yang terjadi saat hamil. 

Menjaga kehamilan muda menjadi langkah yang tepat untuk memastikan kondisi bayi dalam kandungan dapat berkembang dengan sehat dan optimal.  

Dilansir dari American Pregnancy Association, berikut adalah beberapa cara menjaga kehamilan muda yang bisa ibu hamil lakukan, antara lain: 

Baca Juga: Waspadai! Ini Bahaya Minum Teh Panas untuk Kesehatan

1. Perbanyak konsumsi air putih

Perbanyak mengonsumsi air putih saat menjalani kehamilan menjadi salah satu kewajiban yang perlu ibu lakukan untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.

Sebab, tubuh memerlukan cairan lebih untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. 

2. Hindari asupan yang mengandung polutan

Selama hamil, pastikan Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi demi mendukung perkembangan janin.

Pasalnya, ada beberapa makanan yang punya kandungan parasit, seperti toksoplasma dan listeriosis. Parasit tersebut bisa menyebabkan bayi lahir cacat. 

Jenis makanan yang baiknya dihindari itu adalah hati, ikan dengan kadar merkuri tinggi, serta produk susu tidak dipasteurisasi. 

3. Istirahat yang cukup

Penuhi kebutuhan istirahat dalam menjalani kehamilan muda. Umumnya, rasa senang atau bahkan mual yang dialami ibu menyebabkan ibu alami gangguan tidur di trimester pertama. 

Saat menjalani kehamilan di trimester pertama, ibu hamil perlu memenuhi waktu istirahat yang sesuai dengan kebutuhan dan tambahan istirahat pada siang atau sore hari.  

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Malnutrisi pada Anak

4. Konsumsi makanan matang

Pastikan makanan yang Anda konsumsi sudah matang sempurna supaya terhindar dari infeksi bakteri.

Daging setengah matang atau mentah bisa mengandung bakteri Salmonella dan parasit toksoplasmosis yang memicu keguguran serta kerusakan otak janin. 

Terkecuali Anda bisa memastikan tingkat kematangannya secara langsung, sebaiknya hindari terlebih dulu makanan seperti sushi, sashimi, satai, dan steak. 

5. Lakukan gaya hidup sehat

Melakukan gaya hidup sehat saat menjalani kehamilan dapat membantu ibu untuk menjaga kesehatannya maupun bayi dalam kandungan.

Namun, jangan paksakan jika kesehatan ibu sedang kurang baik. Selain itu, hindari paparan asap rokok dan konsumsi alkohol. 

Itulah beberapa cara menjaga kehamilan muda tetap sehat yang bisa dilakukan ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News