Bugar

Moms Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Malnutrisi pada Anak

Moms Wajib Tahu! Begini Cara Mencegah Malnutrisi pada Anak

MOMSMONEY.ID - Malnutrisi pada anak adalah kondisi ketika anak tidak mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa berdampak pada kondisi kesehatan anak secara umum dan proses tumbuh kembangnya. 

National Health Service UK menjelaskan, malnutrisi pada anak bisa diatasi atau dicegah dengan berbagai cara, di antaranya:

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Inilah 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

1. Memenuhi asupan nutrisi dalam jumlah seimbang

Memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan langkah utama pencegahan dan penanganan ketidakseimbangan gizi pada anak.

Asupan nutrisi juga berperan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak.

2. Memberikan ASI eksklusif

Pemberian ASI Eksklusif memiliki manfaat yang sangat penting untuk mencegah dan membantu mengatasi masalah kekurangan gizi pada anak.

Beberapa riset mengungkapkan bahwa anak yang diberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dan status gizi yang lebih baik.

3. Memberikan suplemen

Pemberian suplemen nutrisi, misalnya suplemen vitamin dan zat besi, bisa menjadi salah satu upaya untuk mencegah dan menangani ketidakseimbangan gizi pada anak.

Beberapa jenis suplemen yang dapat diberikan kepada anak dengan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta mineral tertentu, seperti asam folat dan zinc.

Baca Juga: Sederet Tanda Fisik Malnutrisi pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

4. Memenuhi kebutuhan yodium

Ibu hamil yang kekurangan gizi diketahui lebih berisiko untuk melahirkan anak yang kekurangan gizi pula.

Oleh karena itu, selama masa kehamilan, ibu hamil perlu mencukupi asupan nutrisi dalam jumlah yang seimbang. Salah satu asupan gizi yang penting untuk dipenuhi adalah yodium.

Untuk mencegah malnutrisi pada anak, orang tua sebaiknya memilih bahan makanan yang bergizi, mudah didapat dan harganya terjangkau, praktis diberikan, dan mengandung yodium.

Makanan tersebut juga penting untuk mencukupi asupan gizi anak sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News