Bugar

5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Bisa dicoba, inilah beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami.

Tidak hanya wajah, ternyata punggung juga bisa mengalami jerawat. Penyebab munculnya jerawat di punggung karena pakaian, stres berlebih hingga faktor genetik. 

Jerawat di punggung membuat orang yang mengalaminya terasa tidak nyaman, gatal dan memberikan penampilan yang kurang menarik,

Namun, masih ada cara alami untuk menghilangkannya. Melansir dari herworld.co.id, berikut lima cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami: 

Baca Juga: 6 Kesalahan Merawat Kulit Berjerawat yang Harus Dihindari, Nomor 2 Sering Terjadi

1. Madu dan oatmeal

Pertama, cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami adalah madu dan oatmeal. Madu dikenal dengan efektif menghilangkan jerawat, baik di wajah maupun punggung.

Kandungan anti bakteri di dalamnya, madu dapat memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat dan mengurangi frekuensi kemunculannya.

Ditambah dengan oatmeal, berkat kandungan zinc yang bisa menyerap minyak berlebih di area wajah dan bantu meredakan peradangan. Madu dan oatmeal bisa digunakan secara rutin untuk menghilangkan jerawat di area punggung.

Cukup mencampurkan oatmeal bubuk dengan madu hingga membentuk pasta yang halus. Aplikasikan ke seluruh area punggung, diamkan selama 20 menit, sebelum kamu bilas hingga benar-benar bersi

2. Minyak kelapa

Cara menghilangkan jerawat di punggung selanjutnya dengan minyak kelapa. Bahan alami ini memiliki kandungan asam laurat atau lauric aicd yang bisa melawan mikroba penyebab kemunculan jerawat dan peradangan di area punggung.

Anda hanya perlu menuangkan satu sendok makan minyak kelapa ke telapak tangan. Usapkan kedua tangan Anda untuk berikan ekstra kehangatan, lalu pijatkan ke punggung hingga merata.

Diamkan selama 30 menit sebelum Anda bilas sampai bersih. Lakukan secara rutin satu hingga dua kali sehari.

Jika ingin merawat jerawat punggung dari dalam (atau membutuhkan cara yang lebih mudah), Anda cukup mengonsumsi satu sendok makan minyak kelapa setiap pagi untuk merasa manfaat.

Baca Juga: 7 Cara Memilih Foundation untuk Kulit Berjerawat, Jangan Sampai Salah!

3. Teh hijau

Berikutnya, teh hijau juga bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat di punggung. Teh hijau mengandung catechins yang kaya akan antioksidan, anti-radang dan memiliki fungsi sebagai antibiotik.

Selain itu, teh hijau memiliki kandungan polifenol bernama epigallocatechin gallate yang bisa menghilangkan jerawat sekaligus mengurangi minyak berlebih di area punggung.

Caranya dengan membuat toner dari teh hijau. Anda cukup mencelupkan dua sampai tiga kantung teh hijau ke air hangat selama 10 menit. Setelah hangat, diamkan sampai suhunya menurun dan tuang ke botol semprotan. Lalu, bisa dilanjutkan dengan rangkaian skincare Anda setiap hari. 

4. Kunyit

Anda bisa memanfaatkan kunyit sebagai bahan alami menghilangkan jerawat di punggung. Kunyit mengandung curcumin dimana bisa mengurangi radang di kulit dan mengurangi mikroba penyebab jerawat sehingga kondisi kulit punggung lebih halus serta bebas jerawat.

Caranya dengan mencampurkan dua sendok teh bubuk kunyit dan air secukupnya. Pastikan tercampur hingga membentuk pasta kental, aplikasikan ke seluruh punggung hingga merata.

Diamkan selama 20-30 menit dan bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Bisa Atasi Komedo hingga Ketombe

5. Lidah buaya dan tea tree oil

Cara menghilangkan jerawat di punggung terakhir dengan bahan lidah buaya dan tea tree oil. Seperti yang Anda tahu bahwa tea tree oil dapat melindungi kulit dari bakteri maupun radikal bebas sehingga potensi jerawat untuk tumbuh semakin sedikit.

Lalu, lidah buaya memastikan kulit Anda tetap jauh dari iritasi dan peradangan, sekaligus berikan perlindungan ekstra di area punggung.

Anda cukup mencampurkan lima sendok makan gel lidah buaya dengan beberapa tetes tea tree oil (sesuaikan dengan kebutuhan Anda).

Campur hingga merata dan aplikasikan secara merata di area punggung. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan handuk basah hingga benar-benar bersih.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jerawat di punggung dengan bahan alami. Anda perlu melakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News