Keluarga

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Bisa Atasi Komedo hingga Ketombe

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan, Bisa Atasi Komedo hingga Ketombe

MOMSMONEY.ID - Tidak boleh Anda lewatkan, inilah 5 manfaat bawang putih untuk kecantikan.

Bawang putih memiliki aroma yang khas dan biasa digunakan sebagai penyedap alami dalam berbagai masakan.

Bawang putih mengandung beberapa nutrisi penting seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, dan vitamin C. Serta, beberapa senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, anti-kanker, dan anti-inflamasi.

Beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan sebagaimana dikutip dari Halodoc antara lain mengobati flu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan kinerja fisik.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, bawang putih juga menawarkan manfaat yang melimpah untuk kecantikan lho Moms. Melansir BeBeautiful, berikut 5 manfaat bawang putih untuk kecantikan.

Baca Juga: 4 Manfaat Pare untuk Wajah dan Rambut yang Perlu Anda Tahu

1. Sebagai anti-aging

Bawang putih menyimpan banyak manfaat termasuk menunda tanda-tanda penuaan pada kulit secara efektif.

Untuk mendapatkan manfaat anti-aging dari bawang putih, caranya cukup sederhana.

Anda hanya perlu mengonsumsi 1 siung bawang putih yang dicampur dengan madu dan air lemon secukupnya pada pagi hari saat perut masih kosong.

2. Membantu mengobati jerawat

Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki bawang putih menjadikannya sebagai bahan yang baik untuk membantu mengobati jerawat. Ketika dioleskan ke jerawat, bawang putih akan membunuh bakteri yang menetap jauh di dalam pori-pori sekaligus mengurangi peradangan.

Haluskan beberapa siung bawang putih menggunakan blender atau juicer. Setelah halus, tambahkan beberapa tetes madu ke dalam bawang putih guna mengencerkannya lalu aduk sampai merata. Oleskan bawang putih yang sudah dicampur madu pada jerawat dengan kapas dan diamkan selama tidak lebih dari 5 menit sebelum dibilas.

Cara ini akan membantu mengurangi peradangan dan kemerahan akibat jerawat serta menyamarkan bintik-bintik atau noda pada wajah. Dengan penggunaan yang berkelanjutan, kulit akan tampak lebih bersih dan flawless.

3. Menghilangkan komedo

Bawang putih mengandung polifenol yang mampu membantu mengontrol sekresi minyak pada kulit untuk mengurangi munculnya komedo.

Caranya, parut tomat dan beberapa siung bawang putih kemudian campurkan sampai menjadi pasta. Oleskan pasta bawang putih yang sudah jadi ke seluruh wajah layaknya Anda memakai masker. Fokuskan pada area T-Zone dan bilas setelah 10-15 menit.

Jika dilakukan secara rutin, metode ini akan membantu menghilangkan komedo, mengontrol produksi minyak berlebih, serta meringkas pori-pori.

Baca Juga: Ini 5 Rahasia Hidup Sehat dan Panjang Umur ala Orang Jepang

4. Mengurangi rambut rontok

Bosan melihat rambut yang terus rontok? Cobalah perawatan rambut alami menggunakan bawang putih.

Menerapkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke akar rambut akan meningkatkan produksi kolagen yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut. Plus, membersihkan folikel rambut untuk menghilangkan penumpukan kotoran yang sering kali menghambat pertumbuhan rambut.

Haluskan beberapa siung bawang putih lalu campurkan dengan minyak kelapa hangat. Pijatkan ramuan ini ke kulit kepala sekaligus rambut Anda dan diamkan selama kurang lebih 30 menit . Terakhir, cuci bersih rambut Anda menggunakan air dan sampo.

5. Mengatasi ketombe

Manfaat bawang putih untuk kecantikan yang terakhir yaitu membantu mengatasi ketombe. Berkat sifat anti-jamurnya, bawang putih dapat membersihkan kulit kepala dari ketombe dan infeksi lainnya.

Untuk mencegah atau mengatasi ketombe menggunakan bawang putih, cukup rebus beberapa siung bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam air secukupnya. Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusan bawang putih kemudian biarkan mendingin dengan sendirinya.

Bilas rambut Anda dengan air rebusan bawang putih yang sudah dingin. Lakukan teknik ini sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Moms, itulah 5 manfaat bawang putih untuk kecantikan yang tidak boleh Anda lewatkan. Semoga bermanfaat dan selama mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News