HOME, Keluarga

5 Cara Efektif untuk Membantu Mengatasi Rambut Rontok, Praktikkan Sekarang Juga!

5 Cara Efektif untuk Membantu Mengatasi Rambut Rontok, Praktikkan Sekarang Juga!

MOMSMONEY.ID - Meski terlihat normal, namun kerontokan rambut yang jumlahnya melebihi 100 helai per hari patut untuk Anda waspadai.

Disebut juga sebagai alopesia, rambut rontok dapat disebabkan oleh pemilihan sampo yang salah, perubahan hormon, faktor usia, stres, dan genetika.

Saat mengalami kerontokan rambut, hal apa saja sih Moms yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasinya? Nah, jika selama ini Anda tidak yakin dengan perawatan rambut yang Anda lakukan, maka tenang saja karena MomsMoney akan membagikan solusi yang tepat untuk permasalahan rambut rontok Anda. Dilansir dari situs web Klinik Estetika, inilah 5 cara yang telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi kerontokan rambut yang bisa Anda praktikkan sekarang juga.

Baca Juga: Kafe Cantik dan Nyaman di Bandung yang Asyik untuk Nongkrong

1. Jangan terlalu sering keramas

Keramas menjadi salah satu rutinitas perawatan rambut yang harus dilakukan secara teratur. Selain membuat rambut menjadi wangi, keramas juga bisa membuat kulit kepala terasa segar dan tentunya bersih dari ketombe, minyak, maupun kotoran lainnya.

Kendati begitu, keramas tidak boleh dilakukan terlalu sering terutama jika rambut Anda sedang mengalami kerontokan. Pasalnya, pemakaian sampo yang berlebihan dapat merusak kulit kepala serta membuat rambut menjadi lebih mudah rontok, kering, dan patah. Bahkan, kerontokan bisa semakin parah akibat proses pengeringan rambut setelah keramas yang dilakukan dengan cara digosok-gosok kencang menggunakan handuk.

Jadi, pastikan Anda melakukan keramas sebanyak 1-3 kali saja dalam seminggu guna mencegah kerontokan rambut yang lebih parah.

2. Tata rambut Anda dengan lembut

Moms, apakah Anda termasuk orang yang suka menyisir rambut dalam kondisi basah? Atau, Anda gemar mengikat rambut Anda terlalu kencang dan mengepangnya secara terus-menerus? Bila benar demikian, alangkah baiknya Anda mengurangi atau menghentikan kebiasaan tersebut apalagi jika rambut Anda sering mengalami kerontokan.

Saat Anda kerap menata rambut Anda dengan cara yang kasar, itu bisa membuat akar rambut Anda tertarik dan berakhir dengan kerontokan. Tentu, Anda tidak mau rambut Anda semakin tipis dan menjadi botak kan, Moms?

3. Makan makanan yang bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, melainkan juga sangat memengaruhi sehat atau tidaknya rambut Anda.

Apabila akhir-akhir ini rambut Anda sering mengalami kerontokan, kemungkinan besar itu bisa disebabkan karena Anda kekurangan nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin A, vitamin D, dan antioksidan. Akibatnya, rambut pun menjadi rapuh dan mudah rontok.

Maka dari itu, rajinlah makan makanan yang bergizi seperti sayuran dan buah-buahan untuk membantu mengurangi kerontokan rambut yang sedang Anda alami. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari dan konsumsi suplemen vitamin jika memang dibutuhkan.

4. Kelola stres

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah stres? Ketika Anda mengalami stres berat, itu bisa membuat seluruh produksi hormon yang ada di dalam tubuh Anda mengalami gangguan dan memicu kerontokan rambut.

Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda yang sedang mengalami kerontokan rambut untuk mengurangi stres dengan cara berolahraga atau melakukan berbagai kegiatan yang bisa membuat Anda senang. Anda juga dapat berjalan-jalan di alam terbuka karena alam bisa membuat pikiran dan tubuh merasa relaks sehingga ampuh untuk mengusir stres.

5. Coba treatment profesional

Cara terakhir yang bisa Anda upayakan untuk membantu mengatasi rambut rontok adalah melakukan treatment secara profesional di klinik kecantikan. Beberapa treatment yang bisa Anda coba untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu menggunakan krim perawatan rambut rontok, hair tonic, sampo khusus rambut rontok, dan lotion ketombe.

Untuk perawatan lebih lanjut, Anda bisa melakukan treatment Autoroller. Treatment ini bermanfaat untuk merangsang folikel rambut dan membantu menumbuhkan rambut baru. Atau, Anda bisa mencoba treatment Platelet Rich Plasma (PRP) yang biasa disebut juga dengan Vampire Treatment untuk mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru dengan menggunakan darah Anda sendiri.

Sekian informasi tentang 5 cara yang telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi rambut rontok. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News