HOME, Bugar

5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Saat datang bulan tiba, rasa nyeri, pusing, kelelahan, kembung, diare, hingga suasana hati yang tak menentu bisa dialami para perempuan. Salah satu cara untuk bantu redakan kondisi tubuh yang tidak nyaman selama haid adalah mengonsumsi makanan yang tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi saat haid. Ada pula beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi saat sedang haid. Berikut 5 buah yang baik untuk dikonsumsi saat haid agar terhindar dari berbagai gangguan menstruasi. 

Baca Juga: Perempuan Wajib Tahu! Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

1. Mentimun

Buah yang kaya akan air seperti mentimun, menjadi makanan saat haid yang cocok untuk dikonsumsi saat gejala haid menyiksa. Dengan mengonsumsi buah yang kaya akan air, Anda akan tetap terhidrasi. Dengan begitu, gejala menstruasi seperti sakit kepala karena dehidrasi bisa dihindari. 

2. Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium. Mengonsumsi buah pisang bisa bantu mengatasi retensi cairan dalam tubuh dan mencegah perut kembung. Selain itu, mengonsumsi pisang bisa membantu kita mendapat siklus haid yang lebih teratur.

3. Jeruk

Perempuan yang mendapat asupan kalsium dan vitamin D yang banyak berisiko rendah mengalami gejala PMS (premenstrual syndrome). Kalsium bantu redakan perasaan gelisah dan tertekan yang dirasakan oleh otak.

Sementara vitamin D bantu mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin yang membantu menjaga suasana hati. Buah jeruk bisa dikonsumsi selama haid untuk bantu menjaga kondisi dan kebugaran tubuh.

4. Nanas

Nanas menjadi buah dengan kandungan bromelain enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Studi yang diterbitkan dalam Journal of the Pakistan Medical Association menunjukkan bahwa bromelain membantu mengurangi peradangan.

Ini artinya, nanas membantu memerangi penyebab terlambatnya menstruasi karena peradangan atau inflamasi. 

5. Semangka

Biasanya saat sedang haid, kita ingin mengonsumsi yang manis-manis. Daripada mengonsumsi camilan atau kudapan yang kandungan gulanya terlalu tinggi, coba konsumsi buah semangka. Buah semangka mengandung gula alami dan menyegarkan.

Baca Juga: Mengenal Jenis dan Arti Warna Darah Saat Menstruasi

Percayalah, pola makan yang baik dapat membantu Anda terhindar dari gejala menstruasi yang menyebalkan. Namun agar nyeri bisa teratasi, bukan hanya mengonsumsi makanan sehat saat haid saja yang bisa dilakukan. Anda juga harus menerapkan gaya hidup sehat agar saat datang bulan tidak terasa menyakitkan. 

Akan tetapi, jika rasa kram, pusing dan letih yang Anda rasakan sudah sangat mengganggu aktivitas, ada baiknya berkonsultasi ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selanjutnya: Normalkah Sering Kentut Saat Menstruasi? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News