HOME, Bugar

Perempuan Wajib Tahu! Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Perempuan Wajib Tahu! Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Makan saat menstruasi memang kadang bisa menaikkan mood. Banyak perempuan merasakan keinginan besar untuk mengonsumsi makanan tertentu atau peningkatan nafsu makan menjelang periode menstruasinya. Akibatnya, bisa makan atau mengemil secara berlebihan.

Apalagi banyak perempuan kerap mengalami  ketidaknyamanan menjelang atau selama datang bulan, seperti keluhan kram, kembung, pegal-pegal, lesu, sakit kepala, merasakan nyeri perut, dan ketidaknyamanan secara umum, dikutip dari Healthline.

Untuk meredakan keluhan itu perempuan memang harus mengontrol makanan. Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari menjelang menstruasi, yaitu makanan cepat saji atau junk food.

Meski lezat, makanan ini cenderung rendah nutrisi serta tinggi kalori dan tinggi garam, sehingga tidak baik untuk kesehatan, termasuk bagi perempuan menjelang atau saat menstruasi.

Selain makanan cepat saji, berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat menstruasi atau sebaiknya dibatasi adalah:

1. Lemak

Tumis daging lada hitam

Jenis makanan berlemak sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan kembung yang cukup mengganggu, terutama saat menstruasi. Adapun makanan berlemak yang sebaiknya dihindari seperti daging berlemak, sosis, kue kering, keju, daging asap, dan makanan bersantan.

2. Kafein

Secangkir kopi hitam

Saat sedang menstruasi atau menjelang menstruasi, Anda disarankan untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat memicu perasaan gelisah, cemas dan sulit tidur atau insomnia. Semua hal ini dapat membuat mood Anda menjadi buruk dan malah memicu perasaan ingin makan lebih banyak lagi.

Baca Juga: Perut Sebelah Kiri Sakit? Waspadai Gejala Kista Ovarium

3. Garam

Garam himalaya

Hindari makanan yang mengandung kadar garam tinggi saat menjelang menstruasi atau saat sedang menstruasi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala kembung dan berkumpulnya cairan di pembuluh darah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati konsumsi garam berlebih.

Misalnya, Anda bisa mengganti camilan kentang goreng dengan kentang panggang yang cenderung memiliki kadar garam yang lebih rendah.

Baca Juga: Lakukan Diet Jika Anda Sudah Merasakan 10 Tanda Ini!

4. Alkohol

Minum alkohol

Makanan atau minuman yang mengandung alkohol harus dihindari sebelum atau saat menstruasi karena dapat memperburuk gejala premenstrual syndrome (PMS).

Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah, sehingga membuat Anda menjadi lebih sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan, dan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Makanan yang dilarang saat menstruasi memang tidak semuanya harus dihindari. Tak ada salahnya jika Anda memiliki keinginan untuk mengonsumsinya, namun pastikan dalam jumlah terbatas. 

Selanjutnya: Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Seks Sejak Dini Kepada Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News