Keluarga

5 Biji-Bijian Ini Bagus untuk Kulit, Yuk Catat!

5 Biji-Bijian Ini Bagus untuk Kulit, Yuk Catat!

MOMSMONEY.ID - Tidak ada salahnya untuk merawat kulit dengan berbagai produk skincare. Namun, perlu Anda ingat bahwa paparan bahan kimia yang terlalu berlebihan bisa berdampak buruk bagi kulit.

Sebagai opsi yang lebih aman, Anda bisa beralih ke bahan-bahan alami untuk merawat kulit. Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk merawat kulit adalah biji-bijian.

Melansir HerZindagi, inilah 5 biji-bijian yang bagus untuk kulit dan patut Anda pertimbangkan.

Baca Juga: 6 Tanda Anak Memiliki Mental Korban, Apakah Anak Anda Termasuk?

1. Biji labu

Biji labu

Biji-bijian pertama yang bagus untuk kulit adalah biji labu. Biji labu kaya akan zinc yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan sekaligus mengusir stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

Biji labu juga mengandung vitamin E dan asam lemak yang mampu membantu menjaga kelembaban pada kulit dan membuatnya bercahaya.

2. Flaxseed

Flaxseed

Biji-bijian kedua yang bagus untuk kulit adalah flaxseed. Flaxseed diketahui dapat mengatasi ketidakseimbangan hormon.

Saat digunakan dalam bentuk masker, flaxseed bisa membantu menghilangkan jerawat dan peradangan pada kulit. Ini berkat sifat anti-inflamasi yang terkandung di dalamnya.

3. Hemp seed

Hemp seed

Biji-bijian ketiga yang bagus untuk kulit adalah hemp seed. Hemp seed diperkaya dengan magnesium, klorofil, zat besi, dan vitamin E.

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, hemp seed menawarkan manfaat yang luar biasa termasuk bagi kulit. Biji-bijian ini dapat meningkatkan produksi kolagen, meratakan warna kulit, memperlambat proses photoaging, dan bisa membuat kulit lebih bergizi sekaligus bercahaya.

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari

Biji-bijian keempat yang bagus untuk kulit adalah biji bunga matahari. Termasuk superfood, biji bunga matahari dikemas dengan zinc, vitamin A, vitamin B1, vitamin E, tembaga, magnesium, dan besi.

Antioksidan yang terkandung dalam biji bunga matahari dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini, membuat kulit lebih kencang dan elastis, serta menambah efek bantalan pada kulit untuk membuatnya tampak super sehat.

5. Chia seed

Chia seed

Biji-bijian kelima yang bagus untuk kulit adalah chia seed. Chia seed dipenuhi dengan berbagai nutrisi yang bisa membantu menyehatkan dan memberikan cahaya alami pada kulit.

Dalam chia seed, ada kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menjaga kulit tetap terlumasi dan senantiasa lembab. Untuk mendapatkan manfaat chia seed, Anda dapat mencampurkannya ke dalam smoothies atau puding.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News