HOME, Keluarga

5 Barang Bekas Rumah Tangga yang Bisa Disulap Jadi Pot Tanaman

5 Barang Bekas Rumah Tangga yang Bisa Disulap Jadi Pot Tanaman

MOMSMONEY.ID - Pot tanaman terkadang menjadi hal yang merepotkan karena Anda harus membelinya di toko tanaman. Akan tetapi, ini dapat diatasi dengan memanfaatkan barang-barang di rumah sebagai pot tanaman. Tentu saja barang-barang yang digunakan adalah barang bekas pakai yang biasanya berakhir di tong sampah karena sudah tak terpakai. Hitung-hitung, Anda sambil menjalankan salah satu dari kegiatan peduli lingkungan dengan mendaur ulang barang bekas.

Nah, di bawah ini adalah contoh kreasi yang akan membantu Anda mendapatkan inspirasi membuat pot tanaman ramah lingkungan sendiri. Beberapa di antaranya berbahan plastik, seng, dan bahkan cangkang telur!

Baca Juga: Menanam Secara Hidroponik Tawarkan 4 Keuntungan Ini Loh, Tertarik?

Botol Plastik

Pot Botol Plastik

Membuat pot tanaman dari botol plastik sudah tak asing ya, Moms. Anda dapat memotong sebuah botol menjadi dua bagian, lalu menghiasnya untuk mempercantik tampilan. Kreasi ini bisa Anda buat untuk tanaman hias meja dan tanaman hias gantung, loh.

Kaleng

Pot Kaleng

Jika Anda biasa membeli makanan kaleng, jangan buru-buru membuangnya. Ini bisa dimanfaatkan sebagai pot tanaman. Namun pot ini lebih cocok digunakan untuk tanaman dalam ruangan karena kaleng bersifat cepat menyerap panas yang akan membuat air penyiraman cepat menguap. Jangan lupa untuk membuat lubang drainase di bawahnya ya, Moms!

Cangkir

Pot Cangkir

Punya satu cangkir retak dan tak cantik lagi, bisa dimanfaatkan untuk jadi pot tanaman. Anda bisa menaruh tanaman kaktus juga di sini. Cangkir dari keramik biasanya sudah terhias dengan cantik, tetapi Anda tetap membutuhkan satu lubang drainase di bawahnya.

Baca Juga: Syarat yang Harus Dipenuhi dalam Menyediakan Air Akuarium

Batok Kelapa

Pot Batok Kelapa

Jika Anda suka membuat santan di rumah secara mandiri, simpan batoknya untuk dijadikan pot tanaman sayur. Anda dapat membuatnya dengan cara seperti di gambar atau menggantungnya di teras rumah.

Cangkang Telur

Pot Cangkang Telur

Cangkang telur biasanya digunakan untuk menyemai biji, tetapi menjadi pot untuk tanaman mini cantik juga ya? Hati-hati saat membuatnya karena cangkang telur sangat rentan pecah.

Sepatu Bot

Pot Sepatu Bot

Dilansir dari Ilmupot.com, sepatu bot ternyata bisa dijadikan pot tanaman yang anti mainstream. Anda bisa berkreasi dengan mengecat permukaannya dan menggantungnya di pagar serta tembok rumah. Unik sekali, ya? 

Selanjutnya: Tanaman Hias di Rumah Tidak Berbunga? Mungkin 5 Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News